Thursday 29 May 2008

Are you too Picky?

Aku ingin membagi sedikit pengalamanku dalam memasak. Aku belajar memasak pertama kali ketika aku di Jerman. Seumur hidupku, aku tidak pernah mengiris daging ayam, babi, sapi dan melihat darah. I really hated those things before, but the circumstances forced me to do so. Aku teringat betapa gelinya diriku ketika mengiris2 daging beku dan betapa derasnya air mataku keluar ketika aku harus mengiris bawang bombay, selain akibat pengaruh bawang tapi juga dicampur pedihnya ketika aku mengiris jariku sendiri.

Here, I am alone, nobody will cook for me, and to buy fast-food or eat in mensa (kantin mahasiswa) is really costly. Makanya mau tidak mau aku harus memasak sendiri, mengenal yang namanya daging gosong, nasi bubur (kebanyakan memberi air), panci menghitam akibat ditinggal terlalu lama, ingin kawin (kebanyakan memberi garam), atau masakan tidak berasa (kurang bumbu), dsb adalah pengalaman sehari2 ketika masa2 awal aku di jerman.

Melalui kejadian ini, aku pun belajar sesuatu, ada hal2 yang selama ini selalu membuatku kangen, yaitu masakan mamaku. Betapa sadarnya aku sekarang bahwa dahulu ketika masih di Indo, banyak masakannya yang aku pilih2, bahkan tidak sentuh sama sekali, I was too picky, apalagi mengenai sayur2an. Tapi sekarang? Aku sangat merindukannya, aku ingin bisa mencicipi kembali masakan mamaku, apapun itu. Mau itu sayur yang paling tidak enak sekalipun, masakannya yang gosong sekalipun, aku ingin bisa menikmatinya kembali.

Aku menyadari bahwa aku termasuk orang2 yang menyadari sesuatu setelah semuanya pergi dan sulit untuk mendapatkannya kembali. Selama hampir 2 tahun ini, aku merindukan masakan mamaku, aku rela jika ada orang yang mampu memasak sepertinya dan menjual masakannya seharga 30€, aku akan beli. Aku pun menyadari betapa dahulu aku sangat pemilih terhadap jenis masakannya. Betapa sedih hatinya, saat masakan yang dia buat mencurahkan kemampuannya, menghabiskan banyak waktu di dapur, aku tolak begitu saja. Dan sekarang, aku pun sangat menyukai sayur, karena aku sadar akan kandungan gizi dan vitaminnya. Aku sadar bahwa mamaku memasak untuk kebaikanku, namun karena rasanya tidak enak, aku tolak itu. I was too picky before.

Apa yang mau aku gambarkan disini?

Aku ingin menggambarkan bahwa banyak dari antara kita ini termasuk orang2 yang too picky. Hanya ingin makan makanan yang enak saja dan jika diberi makanan yang keras, kamu menolak dan memilih tidak makan lagi dan pergi jajan diluar. What it means? Banyak dari kita termasuk orang2 yang mempunyai itching ears, hanya mau mendengar ajaran2 yang sesuai dengan keinginan hatinya, selama itu mengajarkan hal2 yang menurutnya baik dan benar, mereka akan menerima, tapi jika mereka bertemu dengan ajaran yang benar namun keras, mereka akan berhenti mengikutinya lagi dan jajan ke gereja2 lain, yang mengajarkan hal2 yang baik saja.

Apakah kamu termasuk dalam bagian orang2 yang seperti itu? Ketahuilah, banyak gereja2 sekarang ini telah tercemar, terkorupsi ajarannya. Jika pendetanya sendiri bercerai dan menikah lagi, atau berbisnis kotor, atau haus akan harta, akankah dalam kotbahnya dia mengungkit2 soal perceraian, atau soal ketamakan, atau soal love of money itu dosa? NOPE. Dan jika kamu pun setipe dengan pendetanya, kamu akan sangat cocok berada di gerejanya dan merasa dirimu telah menjadi orang Kristen yang taat. You are too self-righteous and too picky, my friends. You are dwelling in heaven that never exist, created by your own pastors. Because you have itching ears, you will be in hell. I tell you honestly. Have you read this?

1 Corinthians 6:9-10

You know that wicked people will not inherit the kingdom of God, don't you? Stop deceiving yourselves! Sexually immoral people, idolaters, adulterers, male prostitutes, homosexuals, thieves, greedy people, drunks, slanderers, and robbers will not inherit the kingdom of God.

Galatians 5:19-21

Now the works of the flesh are obvious: sexual immorality, impurity, promiscuity, idolatry, witchcraft, hatred, rivalry, jealously, outbursts of anger, quarrels, conflicts, factions, envy, murder, drunkenness, wild partying, and things like that. I am telling you now, as I have told you in the past, that people who practice such things will not inherit the kingdom of God.

Apa yang ditulis disana? Bacalah dengan teliti, apakah kamu masih mempunyai sifat2 seperti itu? Apakah yang Tuhan bilang untuk mereka? People who practice such things will not inherit the kingdom of God.

What? You said that you never read that? What are you doing in the church then? Has one of your super-apostles never preached that? If that so, I recommend you, maybe it is time for you now to see how they live, do they do what they teach? Can it be seen through their life?

If you read that verses and admit that you still have some of them, what you should do then? You need to repent, ask God's forgiveness. Be born again, be sanctified through Jesus' blood. Your bad habits, shameful behaviour need to dealt with. You need God's Power, my friends. You can't overcome it by yourself. We are born in sin, and we lived in sin, we know that, but we can't help it. That's why Jesus came, died on the cross to save you from sins. Invite him and stop sinning. No matter how holy you are now, you still need Jesus to go to heaven, without him, you will perish, you can't see kingdom of God. Be perfect, be holy, my friends, do righteousness, ask God always for his grace, because without it, you are finished.

John 3:3

Jesus answered and said to him, Truly, truly, I say to you, Except a man be born again, he cannot see the kingdom of God.

Matthew 5:48
Be you therefore perfect, even as your Father which is in heaven is perfect.

1 Peter 1:15-16

But as he which has called you is holy, so be you holy in all manner of conversation; Because it is written, Be you holy; for I am holy.

Am I ruining your hope, your faith now? NOPE, I am ruining your imaginary heaven, heaven that never exist. Do you still want to be picky now? Do not joke with your salvation, my friends. You are not joking with men, you are joking with God. Don't you know that? Who said to you going to heaven is easy? Is Jesus lying when he said

Luke 13:24

Strive to enter in at the strait gate: for many, I say to you, will seek to enter in, and shall not be able.

Or Bible is lying when it is written

Acts 14:22b
and that we must through much tribulation enter into the kingdom of God.

Banyak dari kita, bahkan pendeta2 terkenal kita, patron2 kita, even Pope himself are joking with God. Mereka bilang everybody is born again, everybody who has Bible is born again, everybody who goes to church is born again, even Hollywood is born again. Is that really true? What do you think?

Mereka hanya mengambil sebagian ayat dari Scripture dan menjadikannya sebagai doctrine iman. Ambil contoh Oprah dengan ajaran New Age-nya yang bilang bahwa

1 John 4:16

We have come to know and believe in the love that God has for us. God is love, and the person who abides in love abides in God, and God abides in him

Yes, God is love dan barangsiapa tidak dapat mengasihi sesamanya yang berwujud, bagaimana mungkin mereka dapat mengasihi Tuhan yang tidak berwujud? Namun aku bilang Oprah termasuk dalam kategori orang yang too picky terhadap Alkitab. Dia tidak melihat hukum kasih yang pertama, 'Kasihilah Tuhan dengan segenap hatimu, segenap jiwamu, dan segenap akal budimu.' Dia berkata bahwa semua agama menyembah Tuhan yang satu, Tuhan yang penuh kasih. Bagaimana mungkin Tuhan yang adalah Kasih itu hanya mengijinkan orang2 yang benar2 born again Christian saja yang berada di surga? Dia melalui siaran TV programnya berhasil mempropragandakan ajaran tersebut. Ia bilang dia mendapatkan pencerahan dari Tuhan, dan dari hasil perenungan akan ayat tersebut ia akhirnya bisa lepas dari keterkungkungannya akan Injil, ia menjadi orang yang berpikiran 'terbuka.' Ia lupa ayat lain dalam alkitab yang berkata

John 14:6

Jesus said to him, I am the way, the truth, and the life: no man comes to the Father, but by me.

Apa tanggapan dunia terhadap pernyataan Oprah? Apakah kamu pikir dia akan dicap false teacher? NOPE, orang2 dunia mengelu2kannya, mengagung2kannya, talkshow-nya menghiasi primetime di seluruh dunia. Mengapa?

John 3:19-21
And this is the basis for judgment: The light has come into the world, but people loved the darkness more than the light because their actions were evil. For everyone who practices wickedness hates the light and does not come to the light, so that his actions may not be exposed. But whoever does what is true comes to the light, so that all may see that his actions have been done in God.

Sekarang, dimanakah posisimu? You want to be too picky? too naive? too self-righteous? Or you want to ask God's forgiveness and repent. You want him to guide you to the real heaven, not just imaginary. What should you do? Pray onto him, invite him to come to your life, follow him and obey his commands, and he will help you. Read the Bible, because it is Word of God.

Matthew 11:28-30
Come to me, all you that labor and are heavy laden, and I will give you rest. Take my yoke on you, and learn of me; for I am meek and lowly in heart: and you shall find rest to your souls. For my yoke is easy, and my burden is light.

You can read more about it in

No comments: