Friday 16 May 2008

Perumpamaan 10 Virgins

Perumpamaan ini mengenai kedatangan Tuhan kedua kali, dimana Ia akan datang menjemput mempelai wanitaNya, yang mana adalah gereja2Nya, yang telah menjaga kekudusan, mempersiapkan diri dengan tidak bercacat dan bercela, kudus dan tidak berkerut.

Then shall the kingdom of heaven be likened to ten virgins, which took their lamps, and went forth to meet the bridegroom. And five of them were wise, and five were foolish. They that were foolish took their lamps, and took no oil with them: But the wise took oil in their vessels with their lamps.

Disini dikatakan bahwa ada 10 orang virgins, 5 dikatakan bijak dan 5 lagi dikatakan bodoh. Dimanakah perbedaannya? Mereka sama2 virgin, mereka sama2 berhak untuk jadi mempelai wanita, mereka sama2 mempunyai pelita.

Perbedaannya, yang bijak mempersiapkan minyak, dan 5 yang bodoh meninggalkannya. Apa artinya? Artinya mereka semua, awalnya berhak masuk kerajaan surga, mereka adalah orang2 yang telah mengalami pertobatan dan lahir baru, mereka telah memiliki pelita, mengenal Yesus, dan berhak ikut pernikahan Anak Domba. Mereka semua qualified dimata Tuhan. Mereka adalah orang2 yang berhasil menjaga kekudusannya, mereka yang telah siap menghadap kerajaan surga. Namun 5 dikatakan bijak dan 5 dikatakan bodoh, mengapa?

Minyak yang dimaksud adalah: Kasihmu kepada Tuhan, Kasihmu kepada sesamamu manusia, Damai sejahtera dan Kebahagiaan, Kesabaran dan kelemahlembutan, Kebaikan dan iman, Kerendahan Hati, Kemurnian, Berdoa, Kepatuhan kepada Tuhan, Pelayanan kepada Tuhan, dsb.

Itu harus selalu terpancar di kehidupanmu sebagai orang percaya, karena tanpa itu, kamu tidak memenuhi kriteria masuk surga. Syarat utama masuk surga adalah kasih dan buah2 Rohmu haruslah nyata. Iman tanpa perbuatan adalah sia-sia. Kalau kamu membenci saudaramu sendiri, mungkinkah kamu berada di surga? Di surga tidak ada kejahatan, kebencian, iri, cemburu, marah, dendam, dsb.

1 Corinthians 6:9-10

You know that wicked people will not inherit the kingdom of God, don't you? Stop deceiving yourselves! Sexually immoral people, idolaters, adulterers, male prostitutes, homosexuals, thieves, greedy people, drunks, slanderers, and robbers will not inherit the kingdom of God

Galatians 5:19-21

Now the works of the flesh are obvious: sexual immorality, impurity, promiscuity, idolatry, witchcraft, hatred, rivalry, jealously, outbursts of anger, quarrels, conflicts, factions, envy, murder, drunkenness, wild partying, and things like that. I am telling you now, as I have told you in the past, that people who practice such things will not inherit the kingdom of God

Banyak orang mengabaikan ayat2 diatas, mereka berpikir selama telah dibaptis, telah mengundang Yesus masuk dalam hidupnya itu cukup. Mereka berhak atas surga. Ok, kamu kenal Yesus, tapi apa kamu yakin Yesus mengenalmu? Bagaimana Yesus mengenalmu kalau kelakuanmu lebih buruk daripada orang2 yang bahkan sama sekali tidak mengenalNya. Lahir baru itu tiket ke surgamu, kamu punya iman, kamu mampu lepas dari kuasa dosa yang selama ini mengikatmu, tapi jika kamu tidak berjalan menuju bandara untuk menaiki pesawatmu (perbuatan2mu), bisakah kamu terbang ke tempat tujuan akhirmu?? Think about it. Sekali lagi, iman tanpa perbuatan adalah mati, dan perbuatan tanpa iman pun adalah mati.

While the bridegroom tarried, they all slumbered and slept.

Karena yang mereka tunggu2 tidak datang2, mereka akhirnya terlelap dan tertidur, mereka tidak sadar bahwa persediaan minyaknya akan semakin lama semakin berkurang. Banyak orang hingga kini menunggu dan menunggu kedatangan hari Tuhan, hingga akhirnya mereka bosan dan melupakannya. Mereka yang tadinya punya kasih mula2 kepada Tuhan, akhirnya mulai melupakan fokusnya, mereka mulai terlena dan terlelap oleh pengaruh dunia, tawaran2 dunia, bahkan tidak sedikit dari mereka yang telah tertidur imannya. Tuhan tidak berarti lagi. Minyak mereka semakin lama semakin padam. Banyak jg mereka yang tersesat, yg lebih mementingkan ajaran2, sakramen2 keagamaan, pertentangan ayat2 Alkitab sendiri, tapi melupakan Spirit of God.

Mereka tidak mengerti akan isi perintah Allah, mereka hanyalah seperti kerbau yang dicocok hidungnya, disuruh lakukan ini itu, dan mereka dengan taat melakukannya, tanpa mempertanyakan apakah ini bentuk persembahan yang baik, kudus dan berkenan dimata Allah atau tidak? Api rohani mereka semakin lama semakin redup dan mungkin telah hilang. Banyak anak2 Tuhan yang mulai menjauh dan berkurang imannya.

Kalau semua orang yang telah dibaptis, kalau semua orang yang telah menerima Yesus dengan mulut dan hatinya, kalau semua orang yang ikutan perjamuan kudus, kalau semua orang yang pergi ke gereja, semuanya pasti masuk surga. Untuk apa Yesus berkata, Because strait is the gate, and narrow is the way, which leads to life, and few there be that find it.Kalau seluruh orang Kristen, Katolik, dan orang2 yang mengenal Yesus semua masuk surga, surga sudah penuh sesak skrg. Jalan yang sempit itu bakalan menjadi lebar, soalnya banyak orang berbondong2 masuk. Malaikat tiap detik bersorak sorai karena selalu ada yang bertobat, di surga bakal selalu ada malaikat berpesta. Apa kalau begitu mudahnya masuk surga, malaikat masih harus berpesta? Apa mereka tidak bosan tiap detik harus tiup sangkakala? Apa itu alasan Tuhan terus mengulur2 kedatangannya?

Alasan Dia mengulur kedatangannya adalah untuk kamu mengerti bahwa itu tidak benar dan bertobat segera. Masuk surga itu butuh perjuangan. Bayangkan kalau tiap2 orang yg hanya kenal Yesus di permukaan masuk surga, total orang yang tercatat dan terdaftar di gereja tiap generasi selalu lebih dari setengah penduduk bumi. Mungkin telah ada puluhan milyar jiwa ditampung disana kalau kenyataannya seperti itu. Kalau mereka yang ke gereja tapi pulang dari sana, mereka lakukan sex diluar pernikahan, mencuri, membunuh, menipu dikatakan bisa masuk surga maka aku akan buang Bible aku dan menjadi serupa dengan dunia ini, dan akulah yang akan bilang dengan lantang kalau Tuhan itu bukan Tuhan yang kudus lagi, surga itu bukan tempat yang kudus lagi kalau orang2 model begitu bisa diterima.

Tapi kebenarannya tidak seperti itu, Yesus bilang hanya sedikit yang menemukannya. Hanya sedikit yang berhasil untuk berlari hingga ke garis akhir pertandingan rohaninya. Apakah kamu termasuk di dalamnya? Atau kamu termasuk ke dalam kategori mereka yang sedang berbondong2 ke jalan yang lebar karena ketidakpedulianmu, kamu hanya berpikir kalau sekali dibaptis, terdaftar sebagai anggota gereja, mempunyai nama baptis, ikutan perjamuan kudus, makan tubuh dan minum darah Yesus, physically. Maaf kalau aku berkata keras, Kamu termasuk dalam kategori virgin yang bodoh.

Kamu tidak mengerti hal2 yang spiritual. Makan dan minum darah Yesus itu berarti baca alkitab, berdoa, punya relationship dengan Tuhan. Firman Tuhan itu manis seperti manis, dan berdoa itu adalah nafas orang percaya. Kalau kamu tidak pernah melakukan itu tapi berharap masuk surga, kamu berharap terlalu tinggi, my friends. Better for me to say it now, rather than I saw you was rejected in heaven. Sama seperti Paulus dan orang2 yang telah mengalami Tuhan berjuang, aku pun mau berjuang untuk bisa diterima di surga, aku tidak mau ditolak oleh Tuhanku.

Mungkin saat ini keyakinanku berbeda denganmu, kamu berpikir keselamatan itu akibat usaha Tuhan semata, kamu hanyalah sebagian kecil orang2 yang dipilih Tuhan (predestined) untuk masuk surga, kamu beruntung, dan mereka yang mati tanpa tidak mengenal Tuhan sedang sial. Apakah itu pikiranmu sekarang? Betapa egoisnya dirimu. Dan betapa tidak adilnya Tuhan jika Ia hanya memilih secara acak orang2 yang diselamatkanNya. Setiap orang punya hak untuk mengenal Tuhan, perbedaannya adalah kamu mau menjawab tantanganNya, mereka tidak atau belum mau menjawabNya. Tapi ketahuilah, apa yang kamu punya sekarang pun belum menjadi jaminan sampai kamu benar2 telah disurga atau sampai kamu mempunyai dasar iman yang kuat dan relasi yang sangat intim dengan Tuhan, kapanpun dimanapun, kamu dapat menjadi backslider. Bukan berarti ganti agama, tapi saat Tuhan tidak lagi menjadi posisi nomor 1 di hidupmu, kamupun telah backslider, my friends. You need to be close to God every hours, kadang kamu menyimpang, tapi Rohmu akan menyatakan itu kepadamu, berbaliklah segera. It's only by grace kamu bisa bertahan hingga sekarang, di tengah2 dunia yang begitu jahat dan hancur ini. Itu bukan karena usahamu, tapi karena anugerahNya yang terus menopangmu. Itulah iman, itulah anugerahNya.

Jika kamu tidak merasakan itu tapi yakin bahwa kamu telah di surga. Silahkan kamu berada di surga buatanmu sendiri, surga yang tidak pernah ada.

And at midnight there was a cry made, Behold, the bridegroom comes; go you out to meet him. Then all those virgins arose, and trimmed their lamps. And the foolish said to the wise, Give us of your oil; for our lamps are gone out. But the wise answered, saying, Not so; lest there be not enough for us and you: but go you rather to them that sell, and buy for yourselves.

Dan ketika tengah malam datang, waktu kedatangan mempelai pria, kedatangan Tuhan kedua kalinya, mereka yang bijak, yang selama ini selalu berjaga2 dan mempersiapkan dirinya, selalu menjaga minyaknya, mereka bergegas menyambutNya, namun mereka yang telah terlena dan tidak mempersiapkan kedatangannya secara sungguh2, akhirnya kewalahan dan meminta sebagian minyak dari yang bijak tersebut. Tapi yang bijak menolaknya, karena minyaknya tidak cukup untuk dibagi. Pergilah untuk membeli kepada mereka yang menjual, begitulah saran mereka.

And while they went to buy, the bridegroom came; and they that were ready went in with him to the marriage: and the door was shut.

Namun ketika mereka pergi membeli, pintu pun tertutup dan pernikahan telah dimulai, mereka kehilangan kesempatan mereka untuk masuk ikut perjamuan. Mereka adalah orang2 yang bodoh, orang2 yang tidak menjaga pelitanya, orang2 yang kehabisan minyaknya.

Afterward came also the other virgins, saying, Lord, Lord, open to us. But he answered and said, Truly I say to you, I know you not. Watch therefore, for you know neither the day nor the hour wherein the Son of man comes.

Meskipun mereka mencoba mengetuk dan memohon agar pintu dibukakan, Tuhan menjawab, 'Aku berkata sejujurnya, aku tidak mengenalmu.' Saudara2, berhati2 dan berjaga2lah, kamu tidak tahu kapan Anak Manusia itu akan datang. Tidak seorangpun mengetahui secara pasti kapan. Tapi satu yang pasti, Dia pasti datang kembali, dan Jesus is coming soon. Masa kini tentunya semakin dekat daripada sebelumnya. Bagaimana kalau Ia datang hari ini, atau besok atau 2 tahun lagi, atau 200 tahun lagi? Apakah kamu telah siap? Apakah kamu termasuk virgin yang bijak atau kamu termasuk virgin yang bodoh? Tidak tahukah kamu kalau ini mungkin adalah kesempatan terakhirmu untuk masuk kesana? Kamu bisa mati kapan saja atau Jesus bisa datang kapan saja. Dan ketika saat itu terlewatkan olehmu, kamu tertinggal, my friends. Begitu pintu tertutup bagimu, kamu selamanya tidak akan masuk ke dalam surga. Dimanakah tempat kamu kalau kamu tidak ada di surga, di neraka bukan? Maukah kamu disana?

Be wise, and watch out. Be sure that Jesus is coming soon. God Bless You..

No comments: