Friday 9 May 2008

Akhir Jaman, Dimanakah Engkau?

Banyak orang bertanya2, akhir jaman kapan? Aku sudah bosan menunggu, aku sudah capek dengarnya, setiap waktu orang selalu teriak2 tentang akhir jaman. Mana? Katanya waktu perang dunia I, atau perang dunia II, atau perang teluk, mana buktinya? Jauh2 hari, Petrus, murid Yesus telah memperkirakan kejadian ini akan berlangsung dalam

2 Peter 3:3-8
First of all you must understand this: In the last days mockers will come and, following their own desires, will ridicule us
by saying, “What happened to his promise to return? Ever since our ancestors died, everything continues as it did from the beginning of creation.” But they deliberately ignore the fact that long ago the heavens existed and the earth was formed by God's word out of water and with water, by which the world at that time was deluged with water and destroyed. Now by the same word the present heavens and earth have been reserved for fire and are being kept for the day when ungodly people will be judged and destroyed

Apakah dirimu pun seperti orang2 itu? Tidakkah kamu percaya akan firman Tuhan? Tidakkah kamu tahu bahwa akhir jaman nanti bukan lagi air bah yang menghancurkan bumi, melainkan api? Rasul Paulus menuliskan tentang apa yang harus kita lakukan untuk menyikapinya

1 Thessalonians 5:1-6
Now you do not need to have anything written to you about times and dates, brothers, for you yourselves know very well that the Day of the Lord will come like a thief in the night. When people say, “There is peace and security,” destruction will strike them as suddenly as labor pains come to a pregnant woman, and they will not be able to escape.
However, brothers, you are not in the darkness, in order that the day might surprise you like a thief. For all of you are children of light and children of day. We do not belong to the night or to darkness. Therefore, let us not fall asleep like others do, but let us stay awake and be sober.

My friends, meski kita tidak tahu kapan waktunya Tuhan datang dan adalah salah jika ada orang yang mengatakan specific day and time karena dia bukanlah Tuhan tapi sebagai orang2 percaya, kita tidak berada dalam kegelapan, yang mana datangnya hari itu tidak akan mengejutkan kita. Kamu mungkin percaya akhir jaman itu ada, tapi bukan di jaman kita. Ok, berjalanlah sesukamu, aku tidak memaksa. Mungkin kamu ignorant atau kamu belajar dari pengalaman masa lalu dimana banyak orang tebak2an dan tidak terbukti, mungkin kamu sekarang telah menjadi orang yang mengejek2 tentang akhir jaman dan tertidur. Aku ingin mencoba membangunkanmu sekarang. Listen to me very well, my friends!! I want to wake you up now!

Romans 13:11-14
This is necessary because you know the times—that it's time for you to wake up from sleep. For our salvation is nearer now than when we became believers.
The night is almost over, and the day is near. Let us therefore put aside the works of darkness and put on the armor of light. Let us behave decently, as people who live in the light of day. No wild parties, drunkenness, sexual immorality, promiscuity, rivalry, or jealousy! Instead, clothe yourselves with the Lord Jesus Christ, and do not obey your flesh and its desires.

Alasanmu adalah bahwa tahun 1920 ada krisis ekonomi parah dan WW I, tahun 1945 ada WW II, tahun 1980 ada krisis ekonomi parah, tahun 1990 ada Perang Teluk. Semua orang selalu teriak2 akhir jaman telah datang, tapi setelah dilihat hingga sekarang 2008, akhir jaman masih belum terjadi2, kamu kecewa. Tapi tahukah kamu bahwa hari ini lebih dekat kepada akhir jaman daripada tahun 1920? Hari ini lebih dekat daripada saat pertama kali kita percaya Yesus, bukan? Kalau saat Perang Teluk 1990 belum akhir jaman, apa artinya? Artinya Tuhan masih mengasihimu, Dia masih beri kamu kesempatan untuk bertobat dan undang Dia menjadi Tuhan dan Juruselamatmu, agar kamu tidak tertinggal ke surga.

Aku secara pribadi mengimani akan waktu Tuhan yang semakin mendekat. Ini adalah keyakinan pribadiku, aku tidak akan pernah memaksamu untuk setuju. Disini aku hanya ingin mencoba menjelaskan lebih detail alasanku. Pertama, lewat pelajaran Yesus dalam Perumpamaan tentang Pohon Ara di

Mark 13:28-31

'Now learn a lesson from the fig tree. When its branches become tender and it produces leaves, you know that summer is near. In the same way, when you see these things taking place, you will know that he is near, right at the door. Truly I tell you, this generation will not disappear until all these things take place. Heaven and earth will disappear, but my words will never disappear.”

Apa artinya? Koq pohon ara? Apa maksudnya ranting2nya melembut dan bertunas? Paulus menjelaskan lebih lanjut dalam

Romans 11:17-21

Now if some of the branches have been broken off, and you, a wild olive branch, have been grafted in their place to share the rich root of the olive tree, do not boast about being better than the other branches. If you boast, remember that you do not support the root, but the root supports you. Then you will say, “Branches were cut off so that I could be grafted in.” That's right! They were broken off because of their unbelief, but you remain only because of faith. Do not be arrogant, but be afraid! For if God did not spare the natural branches, he certainly will not spare you either.

Dalam Roma 11 ini Paulus menjelaskan tentang bangsa Israel sebagai sebuah pohon yang tumbang karena pelanggaran2nya, dan jika dari sisa2 pohon itu muncul tunas2 liar dan turut mendapat bagian dalam akar itu dan bertumbuh. Apa artinya? Artinya, karena pelanggaran bangsa Israel dahulu, Tuhan menyerahkan mereka ke tangan Babilon, pohon yang tinggi itu telah tumbang, dan jika dari tumbangnya Israel ini, Gospel Tuhan disampaikan kepada orang2 non-Yahudi (Gentiles), kita2 ini, yang menjadi co-heir kerajaan surga, sama seperti tunas2 liar yang tumbuh dari akar yang sama. Itu bukan karena kuat dan gagah kita, tapi karena Tuhan. Tuhan melakukan ini dengan harapan bangsa Israel, umat pilihannya, cemburu karena keselamatan telah dibagi2kan kepada orang lain dan berbalik kepada Tuhan. Dan akhir jaman akan terjadi setelah waktu pemberitaan Injil untuk Gentiles berakhir dan keselamatan akhirnya datang untuk bangsa Israel.

Apa hubungan perkataan Paulus soal pohon yang tumbang dengan perkataan Yesus mengenai ranting2 yang melembut dan mulai bertunas dari pohon Ara itu? Aku tidak sedang mengajarkan isi Alkitab disini, ini hanyalah penafsiran Alvin seorang anak manusia yang masih harus belajar banyak dari Tuhan. Aku hanya mencoba mencerna beberapa penafsiran dari pendeta2 lain dan menyampaikannya kepada kamu.

Tahukah kamu bahwa pada 14 May 1948, Israel yang tadinya bukan berbentuk negara, yang tadinya masih terpencar2 di seluruh dunia akibat pembuangan di Babel, Holocaust, dsb. Mereka berkumpul dan bergabung, dalam satu hari, mendeklarasikan kemerdekaannya. Dari pohon besar yang tumbang, namun dari akar2 yang tersisa mulai tumbuh tunas2 baru. Sebentar lagi mereka akan ulang tahun ke 60. Apa hubungannya antara tunas2 Israel dengan akhir jaman? Yesus bilang selanjutnya, bahwa generasi ini tidak akan binasa sebelum semuanya itu terjadi. Soal waktunya kapan tunas ini mulai tumbuh, aku tidak tahu, mungkin tahun 1948 atau tahun 1967 dimana dalam 6 Days War, Israel berhasil merebut daerah2 sekitarnya, meski mereka diserbu oleh militer Mesir, Yordania, dan Siria, dan mereka sendiri, tapi karena bangsa Israel adalah umat pilihan Allah, mereka menang, bahkan hanya dalam waktu 6 hari.

Siapa generasi yang dimaksud oleh Yesus yang tidak akan binasa sebelum semuanya terjadi? Jaman Musa dulu pun pernah terjadi soal generasi yang dimaksud. Dimana Tuhan tidak ijinkan mereka yang memberontak kepada Allah untuk masuk tanah perjanjian, yang umurnya lebih dari 20 tahun, dipastikan akan mati di padang gurun, kecuali Kaleb dan Yosua. Itu sebabnya Tuhan membuat mereka berkeliling di gurun selama 40 tahun, hingga semuanya mati oleh karena alam, penyakit, maupun umur.

Numbers 14:28-30
Say to them, ‘As I live, declares the LORD, what you have said in my hearing I will do to you: your dead bodies shall fall in this wilderness, and of all your number, listed in the census from twenty years old and upward, who have grumbled against me, not one shall come into the land where I swore that I would make you dwell, except Caleb the son of Jephunneh and Joshua the son of Nun.

Mungkinkah generasi yang Tuhan maksud adalah generasi mereka yang lahir 1948 atau yang lahir 1967? Apakah mungkin itu berarti sebelum mereka semua mati, Tuhan akan datang kembali? Kalau mereka yang lahir tahun 1948 tidak akan merasakan kematian, bagaimana dengan kita yang lahir tahun 1983 dan sebagainya? Mungkin kita tidak akan mengalami kematian, yang kita akan bisa alami adalah: 1. mengalami pengangkatan dan meninggalkan tubuh fisik kita, 2. mati dipenggal tapi ada di surga kelak, 3. menerima tanda Mark of Beast dan dihukum Tuhan, lalu mati di neraka kekal.

Aku tidak ingin membuatmu menebak2, sebab kamu tidak akan pernah tahu hingga akhirnya sangkakala Allah berbunyi nyaring dari 4 penjuru bumi, dan hanya dapat didengar oleh mereka2 yang mempunyai relationship dengan Tuhan, bukan mereka yang beragama. Karena sekali lagi, agama tidak membawamu kemana2, hanya menjadikanmu lebih baik hidupnya. Tapi Yesus, Ia menjadikanmu sempurna dalam tingkah laku, pikiran, tindakan, jauh melebihi orang2 baik dan beragama, dan yang terpenting, Ia membawamu kepada kehidupan yang kekal.

Aku ingin mengambil peringatan dari para atomic scientist, kebanyakan dari mereka lebih percaya nalarnya daripada Bible, namun mereka menyatakan dalam http://www.thebulletin.org/content/doomsday-clock/overview bahwa kita hanya tinggal 5 menit lagi ke doomsday.

Dan NASA juga menyatakan bahwa tahun 2012 bakalan ada meteor besar yang akan menabrak bumi http://www.youtube.com/watch?v=Fo-yFw6VOyw , mungkinkah ini meteor yang disiapkan Tuhan untuk hari Akhir seperti yang telah aku gambarkan dalam Revelation Revealed part 1-3? I don't know, but what I know is this:

1 Thessalonians 5:8-11

But since we belong to the day, let us be sober. We must put on the breastplate of faith and love, and the hope of salvation as a helmet. For God has not destined us for wrath but for obtaining salvation through our Lord Jesus Christ, who died for us in order that, whether we are awake or asleep, we may live together with him. So then, encourage one another and build each other up, as you are doing

Untuk mengenakan baju zirah iman dan kasih, dan ketopong pengharapan akan keselamatan. Untuk menyemangati satu dengan yang lainnya dan membangun iman masing2. Tuhan memberkati.


No comments: