Sunday 18 May 2008

My Faith

  • Aku percaya bahwa Tuhan, Malaikat, Iblis dan hal2 spiritual itu nyata, senyata hal2 fisikal.
  • Aku percaya kepada Allah Tritunggal: Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus. Mereka adalah 3 Personifikasi dalam 1 Pribadi. Mereka adalah God. Tidak ada posisi yang lebih dominan maupun lebih rendah. Mereka semuanya satu dan tidak ada pertentangan diantaraNya.

1 John 5:7-8

For there are three that bear record in heaven, the Father, the Word, and the Holy Ghost: and these three are one. And there are three that bear witness in earth, the Spirit, and the water, and the blood: and these three agree in one.
  • Aku percaya bahwa God is the Maker of everything. Malaikat, Langit dan Bumi, jagat raya, dan segala isinya adalah ciptaan tanganNya. Iblis tadinya adalah malaikatNya, Lucifer yang memberontak dan menyeret sepertiga bintang yang lain dan dilempar ke bumi, tempat manusia tinggal, tidak heran mengapa begitu banyak cobaan dan godaan di dunia ini.

Revelation of John 12:4

And his tail drew the third part of the stars of heaven, and did cast them to the earth: and the dragon stood before the woman which was ready to be delivered, for to devour her child as soon as it was born.
  • Aku percaya bahwa apa yang tertulis di Bible itu sempurna, tidak ada kesalahan cetak, kesalahan penulis, ataupun tercemari oleh proses Kanonisasi. Semua isi Alkitab itu tidak ada yang bertentangan, yang ada adalah kesalahan interpretasi pembacanya (kita) ataupun karena hikmat manusia kita yang terbatas. Alkitab adalah satu2nya kitab yang menjelaskan Past, Present, and Future of the World. Tidak ada buku lain yang seperti itu, kalaupun ada yang mirip, mereka mengacu kepada Alkitab atau mengambil sebagian dari sana.
  • Aku percaya Alkitab ditulis oleh orang2 pilihanNya, tapi itu bukan hasil tulisan mereka sendiri, tapi hasil penyertaan Roh Kudus dan Tuhan mengklaim itu sebagai kata2Nya.
  • Aku percaya bahwa seharusnya ilmu pengetahuan tidak bertentangan dengan Bible bahkan dipakai untuk semakin membuktikan kebenarannya. Kalau ternyata ada yg tidak sesuai (seperti teori evolusi bahwa manusia 'mungkin' berasal dari kera atau teori Big bang dimana bumi terbentuk dari tabrakan dua bintang besar) aku anggap itu adalah kebodohan. Aku percaya teori Revolusi dan masih banyak hal2 menakjubkan lainnya secara science yg adalah benar. Hikmat manusia diberikan Tuhan untuk membantu hidupnya, bukan menjauhkan mereka dari Tuhan. Tapi satu yang pasti, hikmat manusia tidak mungkin melebihi hikmat Tuhan. Kita dalam mengenal Dia, tapi kita tidak dapat mengerti Dia sepenuhnya. Semakin kita dekat denganNya, kita semakin tahu hatiNya, tapi tetap, kita tidak dapat memahami dan mengerti setiap rancanganNya. Karena kita adalah mortal, bagaimana kita dapat mengerti sesuatu yg immortal. Let no pride come to you!!
  • Aku percaya bahwa langit dan bumi (heavens and earth) diciptakan Tuhan baik literally maupun spiritually selama 6 hari manusia. Dan pada hari ketujuh Ia beristirahat dari segala proses penciptaanNya. Tidak lagi mencipta surga, bumi, laut, galaksi, dsb.

Hebrew 4:3-4

For we which have believed do enter into rest, as he said, As I have sworn in my wrath, if they shall enter into my rest: although the works were finished from the foundation of the world. For he spoke in a certain place of the seventh day on this wise, And God did rest the seventh day from all his works.

  • Aku percaya bahwa saat jaman Nuh, seluruh bumi terendam air, banjir besar diseluruh permukaan bumi.
  • Aku pun percaya Allah meski berhenti bekerja dari proses penciptaan, Dia masih terus terlibat dan bekerja dalam setiap kejadian di dunia ini. Dia adalah Allah yang membuat perjanjian dengan Abraham, berhadap2an dengan Musa, memimpin bangsa Israel dalam setiap langkahnya, Allah yang berperang dan menyertai mereka. Dia juga Allah yang mendekatkan kita kepada pengenalan akan AnakNya, Yesus Kristus, dan menyertai kita anak2Nya hingga kesudahan.

Exodus 33:11

And the LORD spoke to Moses face to face, as a man speaks to his friend. And he turned again into the camp: but his servant Joshua, the son of Nun, a young man, departed not out of the tabernacle.

John 5:17

But Jesus answered them, My Father works till now, and I work.

John 17:11

And now I am no more in the world, but these are in the world, and I come to you. Holy Father, keep through your own name those whom you have given me, that they may be one, as we are.

  • Aku percaya bahwa manusia, hewan, tumbuhan itu semua terus ada di bumi karena mereka telah diberikanNya kemampuan berkembangbiak dan Allah memberkati mereka, bukan karena Allah masih terus mencipta. Kita ada karena kita adalah buah keturunan Adam, manusia pertama. Tidak ada seorang pun yang tidak berayah dan beribu, kecuali Yesus yg tidak berayah tapi beribu (physically), dan berayah tapi tidak beribu (spiritually). Kita ada sekarang bukan hasil reinkarnasi, atau hasil Roh yang diturunkan dari surga untuk dididik di bumi agar mencapai level yg lebih tinggi. Kehidupan kita hanyalah sekali di bumi ini dan kita tidak pernah berada surga sebelumnya, hanya Yesus yang pernah berada di surga dan turun ke bumi, dan seperti Dia menjadi anak sulung yang bangkit ke surga, kita yang percaya pun akan menyusul Dia.
  • Aku percaya manusia diciptakan pada hari keenam dan manusia berbeda dari ciptaan yang lain, karena diberikannya Roh (Nafas Kehidupan). Apa yang dilahirkan dari Roh adalah Roh dan apa yang dilahirkan dari daging adalah daging. Manusia memiliki keduanya dan itu terus diwarisi kepada kita, Roh dan daging. Karena ada Roh itulah, kita mampu untuk mengenal Tuhan Pencipta kita.
  • Aku percaya bahwa karena pelanggaran satu manusia, dosa hadir diantara kita, dan hukumannya adalah mati. Tapi seperti dosa turun akibat pelanggaran satu orang, penebusan/pengampunan dosa pun diwujudkan oleh ketaatan satu orang, yang tidak bercacat dan bercela sehingga Ia menjadi korban penebusan yang menyenangkan hati Allah, Ia adalah Yesus Kristus Tuhan yg aku sembah.
  • Aku percaya bahwa Yesus adalah Living Word, Firman Allah yang hidup. Ia adalah Firman, Ia tidak perlu belajar tentang Taurat maupun Gospel sebelumnya, karena siapakah yang mampu mengajarkan itu selain Allah sendiri? Ia tidak muncul sebelum umur 30 tahun semata2 hanya karena waktuNya belum tiba.
  • Aku percaya bahwa murid2 Yesus pun mendapatkan hikmat Allah dan hikmat ini muncul dari pendengaran akan Firman. Firman ini bukanlah pelajaran seperti buku2 textbook lainnya, tapi karena ada Spirit of God di dalamnya. Bahkan orang tidak berpendidikan, maupun buta aksara dapat dipakai Tuhan menjadi penjala manusia. Firman Allah ini tidak dapat dipelajari oleh manusia tanpa mendapat bimbingan Roh Kudus, karena masih ada selubung yang menghalangi mata setiap orang yang belum menerima Roh Allah. Hanyalah perlu hati yang rindu dan haus akan kebenaran, kamu pun bisa dipakainya. Paulus yang tadinya tidak kenal Yesus bahkan menganiaya jemaatNya, dalam beberapa hari, ia pergi mengabarkan injil, tentunya dengan terus menggali firman, karena kita bukan Yesus, kita perlu terus mengacu pada Alkitab. Tapi hal yang paling penting adalah, setiap orang yang mempunyai Roh Kudus, ia perlu mencek setiap ajaran yang diterimanya karena banyak pengajar2 sesat yang mengaku2 murid Yesus dan meski buahnya pun baik, tapi ajarannya salah. Setiap orang yang mendapatkan Roh Kudus, dia tidak perlu orang untuk mengajari segala hal, tapi tetap adalah lebih baik jika ia terus mengacu kepada orang yang dianggap ayah rohani, seperti Paulus bagi Timothy. Test the Spirit always!!

1 John 2:27

But the anointing which you have received of him stays in you, and you need not that any man teach you: but as the same anointing teaches you of all things, and is truth, and is no lie, and even as it has taught you, you shall abide in him.
  • Aku percaya bahwa kita diselamatkan karena anugerah Allah, bukan kita yang memilih Dia terlebih dahulu tapi Dialah yang telah memanggil kita terlebih dahulu. Aku juga percaya bahwa baik iman tanpa perbuatan atau perbuatan tanpa iman itu pada hakikatnya adalah mati. Manusia juga perlu melakukan tindakan untuk menjawab panggilanNya Tuhan, dan tidak hanya duduk diam dan tidak melakukan apa2. Tuhan memanggil dan manusia menjawab, keduanya harus dilakukan, atau keselamatan tidak ada di diri orang tersebut.
  • Aku percaya bahwa Tuhan itu adil. Orang2 yang mati jaman dahulu kala, sebelum ada hukum Taurat, Tuhan tidak anggap pelanggaran mereka. Sampai Tuhan introduce Hukum Taurat kepada bangsa Israel, dan Taurat dalam Hati kepada orang2 diluar bangsa Israel. Dari kepatuhan mereka terhadapnya mereka akan dihakimi, hingga Yesus datang, yang mana itu semua disempurnakan. Barangsiapa percaya kepada Yesus, ia akan diselamatkan.

Acts 30-31

And the times of this ignorance God winked at; but now commands all men every where to repent: Because he has appointed a day, in the which he will judge the world in righteousness by that man whom he has ordained; whereof he has given assurance to all men, in that he has raised him from the dead.

John 9:39-41

And Jesus said, For judgment I am come into this world, that they which see not might see; and that they which see might be made blind. And some of the Pharisees which were with him heard these words, and said to him, Are we blind also? Jesus said to them, If you were blind, you should have no sin: but now you say, We see; therefore your sin remains.
Romans 2:12-15
For as many as have sinned without law shall also perish without law: and as many as have sinned in the law shall be judged by the law; (For not the hearers of the law are just before God, but the doers of the law shall be justified. For when the Gentiles, which have not the law, do by nature the things contained in the law, these, having not the law, are a law to themselves: Which show the work of the law written in their hearts, their conscience also bearing witness, and their thoughts the mean while accusing or else excusing one another;) In the day when God shall judge the secrets of men by Jesus Christ according to my gospel.
  • Aku percaya bahwa tidak ada seorangpun pernah melihat Allah, hanya Yesus lah yang pernah melihatNya. Tapi aku percaya Musa bertatap2an dengan Allah. How? I don't know, i just believe, hikmat dan akal sehatku tidak mampu memikirkan itu. Yg aku tidak mengerti saat ini, aku simpan dan aku akan tanya langsung ke Musa, Ezekiel, Nehemiah, Isaiah, dsb saat aku bertemu mereka di surga. Aku tidak mau mengganti setiap kata di perjanjian lama dari kata God atau Lord menjadi angel. Alkitab dengan jelas membedakan kapan saat malaikat muncul dan kapan saat Allah sendiri yg benar2 muncul.
  • Aku yakin, dalam tabut perjanjian, sebagian kecil hadirat Allah sempat hadir disana, bukanlah malaikat, hingga akhirnya Ia meninggalkannya karena ketidaktaatan Israel. Lihatlah bagaimana malaikat selalu menolak untuk disembah, tapi di setiap perjumpaan dengan hamba atau nabi2Nya, Allah selalu menerima puji hormat tersebut. Dan kalau ada orang yg mencoba mengganti kata God menjadi angel karena ayat 'tidak ada seorang pun pernah melihat Allah', aku akan buang Alkitab aku, dan tidak membacanya lagi. Aku tidak mau menjadi pintar secara manusia namun bodoh dihadapan Allah. Just believe by faith.

John 1:18

No man has seen God at any time, the only begotten Son, which is in the bosom of the Father, he has declared him.

Revelation of John 22:8-9
I, John, heard and saw these things. When I had heard and seen them, I bowed down to worship at the feet of the angel who had been showing me these things. But he told me, “Don't do that! I am a fellow servant with you, your brothers the prophets, and those who keep the words in this book. Worship God!
  • Aku percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah yang turun ke dalam dunia untuk menyelamatkan dunia. Dia adalah satu2nya jalan keselamatan dan hidup, tidak ada seorangpun dapat mengenal Bapa tanpa melalui Anak. Aku percaya bahwa siapapun yang ingin masuk surga, mereka harus mengenal Yesus.
  • Aku percaya bahwa jalan ke surga tidaklah gampang, bukan orang Kristen yang dibaptis, bukan orang Kristen yang disunat, bukan orang Kristen yang memberikan perpuluhan, aktif kegiatan agama, memberi amal, dsb, bukan oleh perbuatan baik kita selamat, tapi karena iman dan pengharapan. Orang Kristen yang lahir baru, orang yang menjadi muridNya Yesus. Agama tidak menyelamatkan. Perbuatan baikmu saja tidak menyelamatkan. Kamu harus mempunyai cinta untuk Allah dan cinta untuk sesama. Barangsiapa tidak mengenal Anak, ia tidak mengenal Bapa. Bagaimana ia dapat mencintai Allah, kalau ia menolak Anak, Yesus Kristus.

Acts 14:22b
and that we must through much tribulation enter into the kingdom of God.

  • Aku percaya bahwa Allah terlalu besar untuk dipersonifikasikan oleh benda atau makhluk apapun di dunia ini, hewan, tumbuhan, manusia, terlebih patung, salib, atau jimat, atau benda2 keramat. Seisi dunia ini adalah milikNya, mengapa Ia harus bersemayam disitu? Jesus is God himself.
  • Aku percaya bahwa Maria adalah ibu Yesus, perawan yang masih suci saat mengandung Yesus. Ia layak mendapat hormat, tapi tidak lebih. Ia adalah orang percaya seperti kita yang dipakai Tuhan untuk melakukan rencanaNya. Maria tidaklah suci lagi secara lahiriah karena dia pun berdosa dan ia pun memberikan Yesus, adik2, hasil persetubuhannya dengan Yusuf.
  • Aku percaya Maria dan orang2 percaya lainnya akan dibangkitkan saat rapture nanti, tapi saat ini mereka masih belum berada di surga. Somewhere else. Wanita bermahkota 12 bintang yang sedang mengandung dalam Wahyu 12 itu bukanlah Maria seperti yang banyak orang pikirkan, melainkan Israel dengan 12 tribes-nya. Jesus is Jew, born in Bethlehem, Israel.

1 Thessalonians 4:15-17

For this we declare to you by the word of the Lord, that we who are alive and remain until the coming of the Lord will by no means precede those who have died. With a shout of command, with the archangel's call, and with the sound of God's trumpet, the Lord himself will come down from heaven, and the dead in Christ will rise first. Then we who are alive and remain will be caught up in the clouds together with them to meet the Lord in the air. And so we will be with the Lord forever

  • Aku percaya kepada Allah yang tidak dapat dilihat, tapi dapat dirasakan. Yang bagi kebanyakan orang adalah kebodohan, tapi bagiku adalah anugerah. Aku percaya ada Roh Kudus, sang Comforter, yang memberikanku keyakinan dan pengenalan akan Allah, dan membantuku memahami dan memberikanku ajaran mengenai Allah.

1 Corinthians 1:18

For the message about the cross is nonsense to those who are being destroyed, but it is God's power to us who are being saved

  • Aku percaya bahwa tubuh ini adalah fana, namun Spirit itu kekal. Setiap orang akan mati jasmani (tubuh), tapi rohnya akan diperhadapkan pada 2 pilihan: untuk hidup kekal atau untuk kematian kekal.
  • Aku percaya bahwa surga dan neraka itu nyata, itu adalah tempat setelah kehidupan kita di dunia ini berakhir.
  • Aku percaya bahwa langit dan bumi akan berlalu dan Yesus is coming soon. Aku percaya tidak ada seorang pun yang tahu kapan waktunya itu tiba, bahkan Anakpun tidak tahu. Tapi aku yakin, kita semakin dekat daripada saat pertama kali kita percaya, dan aku menanti2kan masa itu.
  • Aku percaya bahwa tiap2 orang bertanggung jawab pribadi terhadap imannya, tidak bisa diwakilkan, apalagi nyawanya ditebus oleh harta atau doa2 dan permohonan dari orang2 yang masih hidup.
  • Aku percaya ada 2 macam keselamatan, keselamatan saat lahir baru dan keselamatan saat masuk surga. Keselamatan saat lahir baru adalah keselamatan dari kutuk2 segala dosamu, kehidupan lamamu, dosa tidak lagi berkuasa atas dirimu. Kamu telah selamat, tapi kamu belum pasti selamat masuk surga. Untuk itu kamu harus berjuang sampai kamu memastikan bahwa kamu selamat berada di surga, tidak ditolak Tuhan. Bukan orang Kristen yang telah lahir baru, rajin ke gereja tapi setelah pulang gereja pergi ke tempat prostitusi atau perjudian yang akan masuk surga. Tapi orang yang tidak membuat tubuhnya bercacat dan bercela di hadapan Allahlah, yang hidup berdasarkan imannya, yang berhak masuk surga. Iman tanpa perbuatan adalah sia2.
  • Aku percaya tidak ada satu huruf atau titik pun di hukum taurat yang tidak akan ditiadakan sebelum langit dan bumi lenyap. Pembunuhan, Percabulan (Homoseks, Immorality, Adultery, Sex before Married), Perceraian, Sumpah, Berdoa, Puasa, Perpuluhan semuanya tidak akan ditiadakan tapi malah digenapi oleh Yesus melalui hukum kasihnya.

Matthew 5:18-19

For truly I say to you, Till heaven and earth pass, one stroke or one pronunciation mark shall in no wise pass from the law, till all be fulfilled. Whoever therefore shall break one of these least commandments, and shall teach men so, he shall be called the least in the kingdom of heaven: but whoever shall do and teach them, the same shall be called great in the kingdom of heaven.
Matthew 23:23 (NIV)

“How terrible it will be for you, scribes and Pharisees, you hypocrites! For you give a tenth of your mint, dill, and cummin, but have neglected the more important matters of the law: justice, mercy, and faithfulness. These are the things you should have practiced, without neglecting the others
  • Aku percaya bahwa tidak ada satu pun orang yang jahat, pertempuran kita bukanlah melawan darah dan daging tapi melawan roh2 jahat di udara. Merekalah yang mengendalikan orang2 ini, sehingga mereka menjadi jahat dan ada juga yang terbeban, baik secara ekonomi, rumah tangga, maupun kesehatan (mental maupun fisikal). Mereka membutuhkan pelepasan dari setiap kuasa2 jahat tersebut, dan hanya oleh darah Yesuslah mereka boleh benar2 terbebas. Karena semua kuasa di dunia ini adalah kepunyaanNya.

Ephesians 2:2-10

Wherein in time past you walked according to the course of this world, according to the prince of the power of the air, the spirit that now works in the children of disobedience: Among whom also we all had our conversation in times past in the lusts of our flesh, fulfilling the desires of the flesh and of the mind; and were by nature the children of wrath, even as others. But God, who is rich in mercy, for his great love with which he loved us, Even when we were dead in sins, has quickened us together with Christ, (by grace you are saved;) And has raised us up together, and made us sit together in heavenly places in Christ Jesus: That in the ages to come he might show the exceeding riches of his grace in his kindness toward us through Christ Jesus. For by grace are you saved through faith; and that not of yourselves: it is the gift of God: Not of works, lest any man should boast. For we are his workmanship, created in Christ Jesus to good works, which God has before ordained that we should walk in them.

Matthew 28:18
And Jesus came and spoke to them, saying, All power is given to me in heaven and in earth.
  • Aku percaya bahwa banyak dari kalian akan berpikir bahwa aku ignorant, tapi menurutku antara iman dan akal manusia/logika, meski mereka seharusnya berjalan bersinambungan, tapi bila ternyata ada pertentangan, aku akan percaya kepada iman (hikmat Allah) daripada logika (hikmat manusia). My own wisdom is not good.
  • Aku percaya orang yang memiliki iman seperti anak kecil namun kematangan rohani yang dewasa lah yang menyenangkan hatiNya Tuhan.

Luke 18:16

But Jesus called them to him, and said, Suffer little children to come to me, and forbid them not: for of such is the kingdom of God.

1 Corinthians 3:1-5
And I, brothers, could not speak to you as to spiritual, but as to carnal, even as to babes in Christ. I have fed you with milk, and not with meat: for till now you were not able to bear it, neither yet now are you able. For you are yet carnal: for whereas there is among you envying, and strife, and divisions, are you not carnal, and walk as men?
  • Aku percaya akan karunia2 Roh Kudus, seperti berbahasa roh, bernubuat, healing, faith, teaching, dsb. Tapi aku berkeyakinan kalau tanda2 itu bukanlah syarat utama untuk masuk surga. Orang boleh berbahasa roh atau bisa bahasa mulut 5 bahasa, tapi berada di neraka, orang boleh bernubuat, lagi ada di neraka.
  • Semua karunia tersebut diberikan Tuhan pada waktu yang tepat menurutNya, dan tergantung kebutuhan tiap2 anakNya. Aku menentang mereka yang menekankan pengajaran bahasa Roh. Pengurapan tangan dari hamba Tuhan bisa membantu manifestasi Roh Kudus, tidak ada yang salah dengan itu. Tapi kalau pengajaran seperti begini: pertama2 bilang a a a a atau la la la la la, kemudian trus meningkat menjadi laba laba laba laba, dsb. Woe to the person who teaches that. Tuhan mengajarkan, 'Carilah dahulu kerajaan Allah maka semuanya akan ditambah2kan kepadamu.' Karunia2 tersebut bakalan mengikutmu kalau kamu terus mau bekerja di ladangnya Tuhan. Jangan kejar itu sebagai bentuk persyaratan, tapi sebagai bentuk kerinduan utk dipakai Tuhan lebih lagi.
  • to be continued (not clear yet for me)

PS: Aku menggunakan kata Allah yang mengacu kepada God of Abraham, Isaac, and Jacob. Pengetahuan bahasa asingku buruk. And for me: the letter kills, but the Spirit gives life (2 Cor 3:6). You can call me ignorant or something.

No comments: