Tuesday 6 May 2008

Law and Gospel


Apakah kamu masih bingung soal Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru? Apakah di pikiranmu, kedua bagian itu bertolak belakang? Apa kamu pikir seharusnya ambil salah satu saja? Misalnya Perjanjian Baru saja, soalnya kalau perjanjian Lama, Allahnya kejam, tidak berperikemanusiaan, berbeda dengan Allah perjanjian Baru, yang penuh kasih. Berhati2lah, kamu sedang mengundang error dan confusion untuk dirimu sendiri.

Matthew 5:17-20
Do not think that I came to destroy the Law or the Prophets. I didn't come to destroy them, but to fulfill them.
For truly I tell you, until heaven and earth disappear, not one letter or one stroke of a letter will disappear from the Law until everything has been accomplished. So whoever sets aside one of the least of these commandments and teaches others to do the same will be called least in the kingdom of heaven. But whoever does them and teaches them will be called great in the kingdom of heaven. For I tell you, unless your righteousness greatly exceeds that of the scribes and Pharisees, you will never enter the kingdom of heaven!”

Luke 16:16-17
The law and the Prophets were prophesying until the time of John. Since then, the good news about the kingdom of God has been proclaimed, and everyone is trying to enter it by force.
However, it is easier for heaven and earth to disappear than for one stroke of a letter in the law to be dropped.

Yesus berkata bahwa Taurat dan Kitab para Nabi, termasuk nabi2nya hanya diberitakan sampai jaman Yohanes Pembaptis. Setelah Yohanes Pembaptis, tidak ada satupun nabi lagi yang turun, kalau ada orang yang mengaku2 nabi setelah kedatangan Yohanes Pembaptis, itu adalah nabi palsu, yang mungkin dirasuki oleh roh kuda bukan Roh Kudus dan mengajarkan 'surga' buatannya sendiri, dimana disana ada lelaki dan perempuan, dan bisa mempunyai istana Harem. Dipikirnya disurga masih bisa berbuat sex. They are going to error and confusion.

Sejak Yesus, yang adalah Tuhan sendiri, turun ke dunia, Ia menyempurnakan semua kitab Taurat, Ia menjelaskan apa mau sebenarnya Allah Bapa memberikan Taurat itu kepada Musa, dan kabar baik itu dinamakan Gospel, Injil. Tahukah kamu 10 Hukum Allah? Apa yang Yesus ajarkan?

Matthew 22:37-40
Jesus said to him,
“‘You must love the Lord your God with all your heart, with all your soul, and with all your mind.’ This is the greatest and most important commandment. The second is like it: ‘You must love your neighbor as yourself.’ All the Law and the Prophets depend on these two commandments.

Hukum 1-4 disempurnakan menjadi: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah perintah yang terutama dan pertama. Hukum 5-10: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua perintah inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Tahukah artinya? Jika kamu mengasihi Tuhan, Allahmu, dengan segenap hati, jiwa dan akal budi, kamu tidak akan mungkin mempunyai ilah lain, kamu tidak mungkin membuat patung yang menyerupai apapun, kamu tidak mungkin sujud menyembah kepadanya, kamu tidak mungkin menyebut nama Tuhan sembarangan, dan mengingat serta menguduskan hari Sabat, satu hari dalam seminggu, untuk Tuhan.

Tuhan bilang kasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi. Kebanyakan orang hanya mengasihi Tuhan dengan hati dan jiwa saja. Mereka tidak sadar bahwa mereka sedang menyembah tuhan yang salah, tuhan yang mati, tuhan yang mencoba menyesatkan mereka dari Tuhan yang Benar. GUNAKAN AKAL BUDIMU juga, belajarlah berpikir, open your eyes and see, test the Spirit, jangan cuma bilang beriman, beriman, tapi imannya ke tuhan yang salah. Read your Bible. Jangan malas, jangan bermain2 dengan keselamatanmu, janganlah menjadi bebal dan bodoh, never open your Bible.

Jika kamu mengasihi sesamamu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri, kamu akan menghormati orangtuamu, kamu tidak akan membunuh, kamu tidak akan berzinah, kamu tidak akan mencuri, kamu tidak akan bersaksi dusta, kamu tidak akan mengingini rumah dan istri, atau barang sesamamu.

Murder (membunuh):

Matthew 5:21-24
You have heard that it was said of them of old time, You shall not kill; and whoever shall kill shall be in danger of the judgment: But I say to you, That whoever is angry with his brother without a cause shall be in danger of the judgment: and whoever shall say to his brother, Raca, shall be in danger of the council: but whoever shall say, You fool, shall be in danger of hell fire. Therefore if you bring your gift to the altar, and there remember that your brother has ought against you; Leave there your gift before the altar, and go your way; first be reconciled to your brother, and then come and offer your gift.

Apa artinya? Jangankan membunuh, jika kamu marah tanpa sebab kepada saudaramu dan mengutuknya, kamu sedang menaruh dirimu dalam bahaya api neraka. Tuhan ajarkan kamu untuk selalu menyelesaikan setiap konfliks dengan teman2mu, saudara2mu, tetanggamu, keluargamu, bukan menunda2, bukan acuh tak acuh, bukan mengabaikannya tapi selesaikan!! Jika kamu masih belum mampu berdamai dengan saudaramu, bagaimana mungkin kamu berdamai dengan Tuhan? Bereskan dahulu semuanya dan barulah kamu bersekutu kembali dengan Tuhan.

Adultery (berzinah):

Matthew 5:27-30
You have heard that it was said by them of old time, You shall not commit adultery: But I say to you, That whoever looks on a woman to lust after her has committed adultery with her already in his heart. And if your right eye offend you, pluck it out, and cast it from you: for it is profitable for you that one of your members should perish, and not that your whole body should be cast into hell. And if your right hand offend you, cut it off, and cast it from you: for it is profitable for you that one of your members should perish, and not that your whole body should be cast into hell.

Jangankan berzinah secara fisik dengan orang yang bukan istri atau suamimu, melihat seorang wanita dan menginginkannya (bernafsu/lustfully), telah berzinah dalam hatinya. Jika matamu menyebabkan kamu jatuh dalam dosa, cungkillah, jika tanganmu menyebabkan kamu jatuh dalam dosa, potonglah. Karena lebih baik kehilangan sebagian dari tubuhmu daripada seluruh tubuhmu ada di neraka. Apa artinya? Berzinah itu tidak hanya berarti berhubungan fisik dengan orang lain, tapi saat di hatimu mulai timbul pikiran jorok, membayangkan yang porno, itupun artinya kamu telah berbuat zinah dan itu telah berdosa. Think about it!

Divorce (perceraian):

Matthew 5:31:32
It has been said, Whoever shall put away his wife, let him give her a writing of divorce: But I say to you, That whoever shall put away his wife, saving for the cause of fornication, causes her to commit adultery: and whoever shall marry her that is divorced commits adultery.

Matthew 19:9
And I say to you, Whoever shall put away his wife, except it be for fornication, and shall marry another, commits adultery: and whoever marries her which is put away does commit adultery.

Bagaimana dengan bercerai? Bolehkah? Jaman Musa dahulu boleh asal ada surat, tapi Yesus berkata: Siapa yang meninggalkan istrinya, kecuali akibat pasangannya berzinah, dan hendak menikah dengan wanita lagi, ia telah melakukan perzinahan, dan siapapun yang menikah dengan wanita yg bercerai telah melakukan perzinahan. Intinya: anak Tuhan tidak boleh bercerai. Mengapa? Karena untuk ada perceraian harus ada perzinahan salah satu pasangannya, sedangkan anak Tuhan juga tidak boleh berzinah, jadi mungkinkah bercerai? Tidak, mereka yang berzinah berarti bukan anak Tuhan.

Dan mereka yang bercerai telah melawan perintah Allah, dan berdosa. Hukuman Tuhan sedang menantimu, berbaliklah kepada pasanganmu, jika kamu telah membina hubungan dengan orang yang bukan istrimu atau suamimu, akuilah semua kesalahanmu dan mintalah maaf kepadanya. Atau kepada kamu yang pasangannya selingkuh, jika ia mau balik dan menyesali perbuatannya, terimalah dia, ampunilah dia, atau jika kamu tidak dapat memaafkannya, stay single sampai mati. Kalian telah dipersatukan oleh Tuhan, mengapa harus berpisah? Kecuali pasanganmu sama sekali tidak di dalam Tuhan dan ia berzinah, itu adalah bayaran yang harus kamu bayar karena telah memilih orang yang salah. Menikahlah dalam pernikahan yang kudus, dimana keberadaan Tuhan di tengah2 keluargamu benar2 dirasakan. Carilah pasangan yang seimbang.

Oath (sumpah):

Matthew 5:33-37
Again, you have heard that it has been said by them of old time, You shall not forswear yourself, but shall perform to the Lord your oaths: But I say to you, Swear not at all; neither by heaven; for it is God's throne: Nor by the earth; for it is his footstool: neither by Jerusalem; for it is the city of the great King. Neither shall you swear by your head, because you can not make one hair white or black. But let your communication be, Yes, yes; No, no: for whatever is more than these comes of evil.

Banyak orang selalu bersumpah untuk meyakinkan seseorang. Bilang kalau tidak akan disambar geledek atau mamanya mati. Atau ada orang ngga mau bilang sumpah, tapi ganti kata menjadi janji, yang padahal sebenarnya ia sedang bersumpah juga. Tahu bedanya antara sumpah dan janji? Jika kamu bersumpah, kamu menjaminkan sesuatu yang adalah miliknya Tuhan, surga, langit dan bumi, bahkan kepalamu. Kamu sama sekali tidak berhak akan itu, karena itu kepunyaannya Tuhan. Bagaimana dengan jaminan rumah, mobil, emas ke bank? Janganlah kamu bodoh, apa ada yang salah jika kamu menjaminkan barangmu sendiri? Jika kamu menabung ke bank, apa itu salah? Bisakah kamu membedakan yang mana benar, yang mana salah?

Janji adalah mengatakan kepastian, kebersediaan kamu untuk melakukan sesuatu, untuk memenuhinya. Kalau kamu katakan iya, iya, tidak, tidak, jangan mengarang2 cerita dan banyak mencari alasan, mencoba justifikasi apa yang salah jadi benar dan yang benar jadi salah. Yang sedang kamu lakukan itu berasal dari si jahat. Berhati2lah!

An eye for eye:

Matthew 5:38-42
You have heard that it has been said, An eye for an eye, and a tooth for a tooth: But I say to you, That you resist not evil: but whoever shall smite you on your right cheek, turn to him the other also. And if any man will sue you at the law, and take away your coat, let him have your cloak also. And whoever shall compel you to go a mile, go with him two. Give to him that asks you, and from him that would borrow of you turn not you away.

Jangankan membales kejahatan dengan kejahatan, perbuatan buruk dengan perbuatan buruk, tapi Tuhan minta kamu untuk mengalahkan kejahatan dengan kasih, dengan kebaikan, dengan kasih. Jika ada yang mengatai2mu, mengutukimu, tersenyumlah dan berkati dia, speak gently. Kalau mereka tidak menerima, kibaskanlah debu dari kakimu. Artinya jangan diambil hati. Tapi kalau mereka suatu waktu datang kepadamu dan meminta bantuan, bantulah dia, sebab dengan begitu, kamu seolah2 menaruh bara api ke atas kepalanya. Berat? Tentu, tapi Tuhan akan memberikanmu grace untuk melakukannya.

Love you enemy:

Matthew 5:43-48
You have heard that it has been said, You shall love your neighbor, and hate your enemy. But I say to you, Love your enemies, bless them that curse you, do good to them that hate you, and pray for them which spitefully use you, and persecute you; That you may be the children of your Father which is in heaven: for he makes his sun to rise on the evil and on the good, and sends rain on the just and on the unjust. For if you love them which love you, what reward have you? do not even the publicans the same? And if you salute your brothers only, what do you more than others? do not even the publicans so? Be you therefore perfect, even as your Father which is in heaven is perfect.


Tuhan mengajarkan untuk mengasihi musuh dan memberkati mereka yang mengutukmu, lakukan kebaikan kepada mereka yang membencimu, berdoa untuk orang2 yang menganiaya kamu. Jadilah sempurna seperti Bapa di surga juga sempurna. Mintalah Tuhan untuk terus menyempurnakan dirimu, mengkikis setiap perbuatan2 burukmu, karakter2 burukmu, sifat2 burukmu. Mintalah anugerahnya setiap saat, karena kamu tidak dapat berjalan sendiri tanpa Tuhan. Janganlah menjadi serupa dengan dunia ini, tapi berubahlah oleh pembaharuan budimu. Kalahkan kejahatan dengan kebaikan.



Apakah setelah membaca tulisan di atas, Tuhan PL dan Tuhan PB berbeda? Bagaimana dengan ajaranNya? Menurutku sama keras, kamu harus mengasihi musuhmu, memberkati orang yang mengutukmu, mau memaafkan, berkata apa adanya, Iya ya iya, Tidak ya tidak, tidak boleh marah tanpa alasan, tidak boleh bersumpah, dan kasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri. Berat? Apa kamu berpikir Allah berubah? Kalau dia minta kamu mengasihi saudaramu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri, mungkinkah kamu membunuh, mencuri, mengingini barang2nya?

Apa arti dari ayat2 tersebut?

My point is our God is unchanging God. Allah PL sama dengan Allah PB, dan Yesus datang untuk menyempurnakan hukumNya, karena dari jaman Musa hingga Yohanes Pembaptis, mereka hanya mengartikannya secara fisikal, padahal arti sebenarnya yang Tuhan mau, bukan hanya seperti itu. Yesus datang untuk membukakan mata orang tentang Firman Tuhan, supaya kita mampu mengerti kemauanNya Tuhan, supaya kita semua dilayakkan menjadi anak2Nya. Melalui kematianNya, dosa kita ditanggungNya, melalui kebangkitanNya, kita diyakinkan bahwa Dia Tuhan yang hidup, Tuhan yang tidak pernah tertidur, seperti maut tidak dapat mengalahkanNya, kuasa dosa dan hukuman neraka kekal tidak dapat mengambil kembali jiwa kita. Kita telah dibayar lunas olehNya.

Tapi hal ini hanya berlaku untuk orang2 yang mau terima dan undang Dia dalam hatinya, sebab bagaimana kamu dapat mempercayai kebangkitanNya kalau kamu sendiri tidak percaya akan Yesus yang mau mati disalib utk tebus dosamu. Kamu tidak bisa disempurnakan melalui perjuanganmu sendiri, kamu tidak akan mampu melakukan itu semua sendirian. Sebab terlalu berat untuk kamu sendirian, bagaimana kamu dapat memaafkan mereka yang menyakitimu? Atau mencoba menjatuhkanmu, atau menjelek2kan dirimu? Kamu tidak akan mampu, my friends, dan jika kamu tidak mampu melakukan itu, artinya kamu melanggar perintah Allah, artinya kamu berdosa. Kamu butuh kuasa Tuhan untuk membantumu. Jika kamu mampu melakukan semuanya itu, itu bukan karena kuat dan gagahnya kamu, melainkan karena ada Roh Tuhan yang bertahta di hatimu, yang memampukan kamu melakukan hal2 yang sebelumnya tidak mampu kamu lakukan sendiri.

Yesus datang dan menggenapi hukum Taurat ini, supaya kamu tidak mati oleh pelanggaran2mu akibat hukum taurat, tapi kamu mampu mengalahkannya dengan bantuan Roh Kudus yang kamu terima saat kamu undang Yesus masuk menjadi Tuhan dan Raja dalam hidupmu. Hubungan kamu dan Allah Bapa yang telah rusak, dipulihkan kembali, dan kamu berhak panggil dia Abba, Bapa, meminta apa saja dalam namaNya. Tubuhmu ini lemah, tapi spirit kuat. Kalau kamu punya Roh Tuhan dalam hidupmu, kamu akan bisa berdiri tegak ditengah2 keinginan dagingmu.


Serahkanlah segenap hatimu kepada Tuhan. Ia sedang mengetuk pintu hatimu.

No comments: