Wednesday 21 May 2008

My Purpose

Aku tergerak untuk menulis mengenai the Last Days (akhir jaman) karena aku ingin banyak jiwa boleh diselamatkan sebelum Tuhan benar2 datang untuk kedua kalinya, untuk mempersiapkan gereja Tuhan menyambut mempelai prianya, untuk tidak suam2 kuku, tidak dingin dan tidak panas, untuk memberitakan kepada orang2 yang masih belum percaya, kalau waktunya tidak lama lagi, mungkin besok, mungkin 2 tahun lagi, mungkin sebelum kita meninggal. Tapi aku pun hendak menegaskan bahwa tidak ada orang yang tahu hari Tuhan. Tapi Tuhan telah menubuatkan akan datangnya hari ini dari jauh2 hari, dan Dia sendiri yang menyatakannya, yang mana memberikan keyakinan kepada kita kalau suatu saat nanti, kehidupan di muka bumi ini akan berakhir.

Amos 3:7
Surely the Sovereign Lord does nothing without revealing his plan to his servants the prophets

Aku tidak ingin menjadi sesat karena aku bukanlah prophet. Aku tidak pernah tahu kapan waktunya tiba, tapi lewat nubuatan2 dan tanda2 yang telah diberikan Tuhan melalui alkitabNya, aku hendak memberikan beberapa argumen yang bagiku, gejala2 ke arah the Last Days telah dengan jelas dapat kita rasakan hanya mungkin kita kurang aware.

Mungkin argumen aku bisa menggugah hati setiap orang yang membaca ini, ataupun mungkin tidak berarti apa2. Tapi deep down in my heart, aku meyakini kalau waktunya tidak lama lagi, dan aku meyakini kalau bayi2 yang sekarang lahir adalah generasi terakhir. The Bible says,

2 Peter 3:3-7
First of all, you must understand that in the last days scoffers will come, scoffing and following their own evil desires. They will say, 'Where is this "coming" He promised? Ever since our fathers died, everything goes on as it has since the beginning of creation.' But they deliberately forget that long ago by God's word the heavens existed and the earth was formed out of water and by water. By these waters also the world of that time was deluged and destroyed. By the same word the present heavens and earth are reserved for fire, being kept for the day of judgment and destruction of ungodly men

Dengan kata lain, penghakiman yang akan datang ke dunia ini adalah penghakiman oleh api. Untuk beberapa tahun terakhir ini, orang2 percaya kalau ancaman nuklir telah berkurang (Korea Utara, Iraq), tapi nuclear test akhir2 ini, kembali membawa isu hangat ini kembali ke permukaan.

"The Bulletin of the Atomic Scientists" punya jam sendiri "Doomsday Clock" yang menyatakan tentang berapa lama lagi kemampuan bumi untuk menghadapi ancaman kiamat akibat nuklir. Jam itu menunjukkan kalau kita sedang berada 7 menit ke midnight. 2 menit lebih dekat daripada 1998, dan 7 menit lebih cepat daripada tahun 1995 [http://www.thebulletin.org/minutes-to-midnight/]

Alkitab menuliskan lebih dari 300x tentang akhir jaman (hanya di PB saja), sebagai perbandingan, pertobatan, yang mana sangat penting untuk keselamatan kita, hanya 70x disebutkan, dan pembaptisan, 20 kali saja.

Tampak benar, kalau Roh Kudus yang menginspirasikan penulisan alkitab ini, menaruh posisi penting untuk kedatangan Tuhan kedua. Yesus bilang:

Matthew 24:37

As it was in the days of Noah, so it will be at the coming of the Son of Man

Jaman seperti apakah jaman Nuh itu? Apa hubungannya dengan keadaan kita sekarang? Dua kata untuk itu adalah kejahatan manusia (wickedness).

Saat itu, orang begitu jahat. Alkitab bilang, kalau semua pikiran mereka adalah jahat. Mereka tiap malam memikirkan cara baru untuk melakukan kejahatan. Pernikahan dinodai, orang2nya korup dan kejam. Saat itu adalah dunia dimana kekejian berkuasa: pembunuhan, perang, banyak agama, orang sibuk dengan dirinya masing2, mereka tidak punya waktu untuk mengenal Tuhannya.

Bukankah jaman Nuh itu sangat mirip dengan jaman kita sekarang?
Dunia saat Nuh hidup itu berada dalam ancaman murka Allah.

Think about it.

Tuhan memperingatkan, Genesis 6:6-7,13

Unless you repent and turn from your sins and change your ways, you're going to face the judgment.

Tapi di tengah2 kejahatan itu, berdiri satu orang benar. Tuhan telah menyatakan bahwa karena semua dosa dan kejahatan dan kebobrokan orang2, Dia hendak menghancurkan dunia. Tapi Dia membatalkannya karena satu orang yang berdiri teguh di tengah badai dunia. Namanya Nuh. Dalam dunia yang jahat itu, Nuh berani berjalan bersama Allah, dia mempercayai Allah, dan menyembahNya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu menyembah Tuhan Allahmu di rumah? Apakah kamu membaca alkitab dan berdoa?

Alkitab berkata,

Hebrews 11:7

By faith Noah, when warned about things not yet seen, in holy fear built an ark to save his family

Tuhan menyuruh Nuh untuk membuat bahtera, yang mana saat itu dia tidak mempunyai tempat untuk berlayar, tapi Tuhan menyuruhnya untuk itu dan Tuhan berkata kalau Dia akan menyelamatkan Nuh sekeluarga.

Tuhan berkata lagi,

Genesis 7:4

Noah, I'm going to give the world seven more days, and then the flood will come

Saat ini, satu2nya pengharapan kita adalah janji kedatangan tuhan kedua kalinya. Apa yang dunia tawarkan kepada kita? Semuanya adalah sia2. Kita tidak dapat lagi menjaga moral kita. Kalau kita sekarang bilang homoseks itu dosa, ato sex before married itu memancing murkanya Tuhan, kalau Tuhan membenci perceraian, atau aborsi adalah pembunuhan terkeji yang pernah ada. Apa dunia tidak akan mengangkat alisnya kepada kita, dan berpikir kalau kita fanatik nerd?

Kita juga tidak dapat mengandalkan teknologi lagi, yang dahulu kita berharap teknologi dapat menyelamatkan kita, sekarang mereka bersiap menghancurkan kita. Dalam Isaiah 66: 15 kita membaca

See, the Lord is coming with fire, and his chariots are like a whirlwind; he will bring down his anger with fury, and his rebuke with flames of fire

Yesus berkata,

John 14:2-3

I am going to prepare a place for you. And if I go and prepare a place for you, I will come back and take you to be with me that you also may be where I am

Tuhan berjanji kalau Dia bakal balik kembali, dan Alkitab mengajarkan kepada kita untuk menguatkan satu dengan yang lain dengan firmanNya. Kita tidak menunggu kedatangan Tuhan dalam ketakutan, karena kita menanti2kan saat itu datang.

Malaikat berkata kepada orang2 yang menyaksikan kenaikan Yesus ke surga,

Acts 1:11

Why do you stand here looking into the sky? This same Jesus, who has been taken from you into heaven, will come back in the same way you have seen him go into heaven me that you also may be where I am

Ini adalah janji Tuhan kepada kita, kepada kamu dan aku. Itu telah berlangsung 2000 tahun yang lalu. Mengapa Dia masih belum datang? Murid2 Tuhan pada saat itu pun bertanya hal yang sama dan Yesus menjawab

Acts 1:7

It is not for you to know the times or dates the Father has set by his own authority

Matthew 24:36

No one knows about that day or hour, not even the angels in heaven, nor the Son, but only the Father

Jangan menebak dan berspekulasi, kita tidak akan pernah tahu, mungkin 1000 tahun dari sekarang, mungkin juga besok. Akhir dunia itu adalah momen dimana kamu meninggal.

Yang mana hal itu bisa terjadi kapan saja untuk siapa saja diantara kita. Kita tidak akan pernah tahu. Bagaimana Yesus akan datang?

1 Thessalonians 4:16

For the Lord himself will come down from heaven, with a loud command, with the voice of the archangel and with the trumpet call of God, and the dead in Christ will rise first

Apakah kamu siap kalau hari ini Tuhan datang? Dan Tuhan berkata kepadamu,

Amos 4:12

Prepare to meet your God

1 Thessalonians 4:17

After that, we who are still alive and are left will be caught up together with them in the clouds to meet the Lord in the air. And so we will be with the Lord forever

Matthew 24:44

So you also must be ready, because the Son of Man will come at an hour when you do not expect him

Apa yang telah kamu lakukan secara spiritual dalam hidupmu untuk persiapan masa dimana jantung kamu berhenti berdetak? Mungkin kamu masih muda sekarang dan berpikir kalau kamu masih bisa hidup 50 tahun lagi. Tapi tidak tahukah kamu kematian atau kedatanganNya yang kedua dapat berlangsung kapan saja, siapkah kamu untuk ketinggalan atau mati menuju neraka?

Alasan Tuhan tidak mengakhiri dunia ini adalah karena Tuhan masih menunggu kamu untuk bersiap2. Caranya?

John 3:7

You must be born again

Kamu harus membuat komitmen untuk Tuhan hari ini juga. Ini adalah momen kamu bersama Tuhan. Kamu bertanya, Apa yang harus aku lakukan?

Pertama, kamu harus mau dan mengakui semua dosa2mu. Mungkin kamu tahu, kalau dosa2 ini tidak bisa kamu lawan, kamu tahu itu salah, tapi tubuh jasmani kamu tidak pernah menang atas dosa2 ini. Kamu sadar kalau kamu tidak bisa mengubah hidup kamu, kamu butuh pertolongan dari luar.

Bertobat artinya, mengaku kepada Tuhan, 'Tuhan, aku ini pendosa, dosaku sangat banyak dihadapanMu, aku tidak layak untuk menerima surga dengan kondisiku sekarang. Tapi aku ingin minta ampun untuk semua dosaku. Aku ingin mengubah seluruh hidupku, tapi aku butuh Engkau untuk membantuku, karena aku tidak dapat berjalan sendiri.

Kedua, kamu beriman kepada Tuhan. Apa artinya iman? Iman berarti kamu menaruh kepercayaanmu kepadaNya dan berkata, 'Tuhan, aku memberikan hidupku, diriku, seluruhnya untukMu'.

Mungkin kamu sudah dibaptis, mungkin kamu sudah lama ikut tuhan, mungkin kamu jemaat gereja, atau mungkin kamu orang yang saleh. Kamu selalu melakukan hal2 yang baik, yang menurut pikiranmu adalah baik, tapi itu semua tidaklah cukup.

Kamu harus mempunyai iman seperti anak kecil dalam Tuhan, yang telah mati di kayu salib dan bangkit. Yang saat ini sedang menunggumu untuk membuat komitmen.

Lakukan itu sekarang juga! Apakah kamu telah siap? Apakah kamu telah siap untuk bertemu Tuhan? Dia mencintaimu, dan melalui Yesus, Dia menjadi jalan untuk kamu, untuk bersama2 dengan Allah di surga untuk selama2nya. Dia ingin punya hubungan dengan kamu dan menjadi Tuhan dan Master di hidupmu.

Kamu boleh mempercayaiNya, Dia yang membuat kamu, dan Dia tahu dan ingin apa yang terbaik atas dirimu.

God bless you

No comments: