Monday 26 May 2008

Arti dari Jawaban Tuhan di Perjanjian Lama

Let the hearts of those who seek the Lord rejoice

Ayat tersebut berisi tentang kesukacitaan bagi orang2 yang punya kerinduan akan Tuhan. Dari sini, Tuhan hendak menguatkanku bahwa siapapun orang yang punya kerinduan untuk mengenal Tuhan lebih dekat lagi, Tuhan akan datang menghampiri dan membuat hatinya bersorak sorai.

Hal ini sama persis dengan kejadian yang aku alami. Sejak 7 bulan yang lalu, aku mulai mempunyai kerinduan untuk dekat pada Tuhan, dan akhirnya sekarang aku mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan dan mengalami jamahan Tuhan atas hidupku.

He remembers His covenant forever,
The word He commanded, for a thousand generations,
The covenant He made with Abraham,
The oath He swore to Isaac.
He confirmed it to Jacob as a decree,
To Israel as an everlasting covenant:
To you, I will give the land of Canaan As the portion you will inherit.

Lewat ayat ini, Tuhan juga hendak menguatkanku tentang kekhawatiranku akan karier dan masa depan. Tuhan kita itu bukan Tuhan yang lalai menepati janjiNya. Pernahkah engkau membaca di Alkitab bahwa Tuhan bohong? Pernahkah engkau membaca di Alkitab bahwa Tuhan gagal menepati janjiNya? Tidak pernah bukan.

Tuhan kita itu adalah Tuhan yang selalu mengingat perjanjian2 yang pernah Dia buat sampai selama2nya, perjanjianNya terhadap Abraham, sumpahNya kepada ishak, yang mana Tuhan tanamkan kepada Yakub sebagai ketetapanNya. Tuhan ingat akan semuanya itu, dan hal yang samapun juga berlaku terhadap janjiNya untuk diriku (Alvin). Tuhan bakalan memberikan kepadaku Tanah kanaan sebagai bagian yang akan aku terima nanti.

Tanah Kanaan = Tanah Perjanjian = Surga

Yang ingin aku jelaskan disini bukan jaminan diriku sendiri untuk masuk surga, melainkan aku ingin menyaksikan bahwa Tuhan itu sungguh ada dan Dia menjawab doa2 yang kita naikkan. Dia itu dekat untuk orang yang berharap kepadaNya.

Aku tidak ingin bermegah diri mengenai janji keselamatannya untukku, tapi aku dengan sangat, ingin kalian pun bisa merasakan hal yang sama. Mempunyai hubungan yang indah dengan Allah Penciptamu adalah hal terbaik yang bisa kamu dapatkan. Bayangkan, dunia ini dijadikannya, ada 7 milyar orang di dunia ini, tapi kamu termasuk salah satu orang yang dikenalNya. Dia rindu untuk berjalan bersamamu, bukankah itu hal yang sangat membahagiakan?

Hanya ada satu jalan itu mengenalNya karena sebenarnya Dia telah ada selalu menunggumu, menunggu untuk ditemukan oleh dirimu, tapi mungkin selama ini engkau tidak pernah benar2 serius mencariNya. Dia itu sangatlah dekat, hanya sebatas hati yang rindu. Let the hearts of those who seek the Lord rejoice.

Marilah sahabat, carilah Dia dengan segenap hatimu, segenap kerinduanmu. He is waiting for you to open your door for Him, do not make Him wait for so long, otherwise when the problem came, you have no one to help you, to give you hope, to give you strength, and there will be no peace and joy in your life.

Dari ayat2 diatas, Tuhan pun ingin mengingatkanku dan menguatkanku akan ketakutanku dalam hal karir dan finansial jika aku pulang ke Indo setelah lulus. Tuhan secara tidak langsung hendak mengingatkanku akan isi janjiNya kepada Abraham dan keturunannya. Aku pun adalah keturunan Abraham. Tuhan berkata kepada Abraham,

'And I will make of you a great nation, and I will bless you, and make your name great; and you shall be a blessing: And I will bless them that bless you, and curse him that curses you: and in you shall all families of the earth be blessed.'

That in blessing I will bless you, and in multiplying I will multiply your seed as the stars of the heaven, and as the sand which is on the sea shore; and your seed shall possess the gate of his enemies; And in your seed shall all the nations of the earth be blessed; because you have obeyed my voice.

Tuhan ingatkan aku akan jaminan masa depanku, Tuhan memberkati Abraham dan keturunanNya, bakalan menjadi besar seperti pasir di pantai dan bintang di langit. Dan barangsiapa yang memberkati dia, akan diberkati, dan barangsiapa yang mengutuk dia, akan dikutuk. Dan janji itupun aku imani sejak aku pun keturunan Abraham.

Aku tidak perlu takut akan masa depanku, karirku, atau hal2 lainnya karena semuanya itu telah ada dalam rencanaNya. Aku mengimani kalau di kemudian hari, aku pasti akan bersuka di dalam Tuhan. Mungkin saat ini rencana dan jalanNya tidak seperti yang aku harapkan atau ingini, tapi aku akan selalu mengimani, benar2 meyakini kalau aku tetap di jalanNya, itu adalah jalan terbaik untukku.

Aku hanya ingin minta satu sama Tuhan, 'Tuhan, aku ingin menamatkan dahulu program Masterku. Aku tidak ingin menjadi pelayan Tuhan secara full time sekarang2 ini, aku ingin mencukupi diriku sendiri melalui karirku, aku ingin mendapatkan gelar masterku supaya kelak saat aku memulai kegiatanku melayani Tuhan, orang2 tidak melihat aku sebagai orang yang gagal dalam akademis, karir, dsb dan satu2nya jalan tersisa dan selalu terbuka adalah menjadi hamba Tuhan. Aku tidak ingin termasuk dalam bagian orang2 yang akademisnya kacau, yang kesulitan mencukupi dirinya sendiri, akhirnya berpikir untuk masuk ke dalam penginjilan..that's sad..

Ini semata2 hanyalah pencerminan karakter pribadiku, tidak bermaksud menjurus kepada hamba2 Tuhan yang fulltime melayani Tuhan, itu adalah suatu anugerah dan orang2 seperti mereka, yang benar2 mengajar berdasarkan Firman Tuhan, berhak mendapatkan double respect.

Aku secara pribadi, aku ingin menggunakan segala kemampuanku untuk menjadi berkecukupan dan bisa menggunakan segala kemampuan dan kelebihanku untuk mendukung pelebaran kerajaan Tuhan di dunia. Amin

When they were but few in number,
Few indeed, and strangers in it,
They wandered from nation to nation,
From one kingdom to another,
He allowed no man to oppress them,
For their sake, He rebukes kings,
Do not touch my anointed ones,
Do my prophets no harm.

Lewat ayat ini, Tuhanpun hendak menguatkan diriku soal kekhawatiran diriku akan penganiayaan yang mungkin akan aku alami di indo. Tuhan berjanji, meskipun aku hanya sendirian atau dalam kelompok2 kecil, tetapi tanganNya akan selalu menyertai, Dia tidak akan menginjinkan seorangpun menekan umatNya. Demi mereka, Dia menegur raja2, karena hati rajapun ada di tanganNya. Dia berkata, 'Jangan mengusik orang2 yang Kuurapi dan jangan berbuat jahat terhadap nabi2Ku!'. Kalau Tuhan sendiri yang berkata begitu, kepada siapakah aku harus takut?

Whatever will be, let it be

I believe in You, God..
Now I am a little afraid, but please keep teaching me
make me grow up, give me boldness in You
give me faith

with You always beside me, I can stand against everything..
No power is greater than You

You are majesty, marvelous, and wonderful.

I believe in you, O, God

I give my life to you
Please guide me
I need your guidance, your strength, your Grace
Praise the Lord

Now, i will do His Work, I want to help Him to tell other people about Him. To proclaim His salvation day after day, and to declare His glory among the nations. Forever Amin

No comments: