Thursday 8 February 2007

PACARAN JARAK JAUH, Pedih Tetapi Asyik

Punya pacar tapi enggak punya gandengan. Serasa jomblo tapi enggak available.Pacaran jarak jauh memang pedih.Tapi, siapa bilang enggak ada enak-enaknya sama sekali?

MALANG tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Begitu kali ya kalau kita menjalani hubungan yang disebut sebagai long distance relationship atau pacaran jarak jauh (PJJ). Gimana enggak? PJJ ibarat pacaran yang enggak normal. Status resminya tertulis punya pacar.
Namun, wujud yang disebut pacar itu enggak pernah kelihatan. Persis seperti pacaran sama makhluk halus atau makhluk virtual yang bisa dilihat dan didengar, tapi enggak bisa dipegang. He-he-he. Pedih.Sudah pasti itu satu rasa yang bakal dialami pasangan yang melakoni PJJ.
Daftar kepedihan itu ialah enggak bisa sering-sering ketemu, hati nelangsa kalau lagi jalan-jalan tiba- tiba melihat pasangan yang lagi mesra banget gandengan tangan,dan kalau ada acara-acara penting, macam ulang tahun teman, enggak bisa datang bareng pujaan hati.

Sekali lagi; PJJ rasanya memang pedih. Yang paling terasa banget dari enggak enaknya PJJ ialah enggak bisa melihat sosok pasangan kita secara real.Walaupun, banyak yang bilang kalau kecanggihan teknologi bisa membantu kita buat melepas kangen sama pacar,tetap aja teknologi buatan manusia enggak mampu melawan takdir Tuhan.

”Meskipun sekarang ada webcam yang bikin kita bisa melihat muka pacar, tetap aja timing kadang enggak berpihak sama kita. Pernah aku udah janjian sama pacar aku untuk chatting malam hari waktu Jakarta. Di Amerika dia udah bela-belain bangun pagipagi. Tapi ternyata akunya malah terjebak macet di jalan, pas mau pulang ke rumah.Akhirnya, acara chatting kami gagal,” sungut Anggie, mahasiswa Fakultas Hukum UI Depok.

Kalau chatting susah, begitu juga dengan telepon. Bukannya susah buat nyambungnya, tapi berat di ongkosnya itu lho.Apalagi kalau pacar kita nun jauh di sana, di luar negeri. Kalau kita nekat telepon pacar pake telepon rumah, akibatnya udah jelas fatal.Tagihan telepon membengkak. Bokap-nyokap kamu pasti bakal meradang dan ngamuk enggak karuan.Repot kan? ”Bokap gue marah-marah waktu tahu tagihan membengkak dari yang biasanya Rp200.000 jadi Rp800.000.

Semua orang rumah ditanyai,akhirnya gue ngaku kalau gue yang telepon ke Australia. Padahal,gue telepon cuma setengah jam lho.Mahal banget kan pacaran gue,”ujar Dafi yang sekolah di SMIP Paramitha. Hasilnya, dalam sebulan mereka bubaran. Enggak cuma masalah teknologi, masalah yang enggak terduga pun bisa muncul tanpa terkendali. Contohnya, kayak yang dialami Tio, yang satu sekolah dengan Dafi. Tio yang tadinya pengen bikin kejutan Valentine buat pacarnya di Bandung, malah terlantar di kota itu.

”Jadi, gue emang sengaja enggak telepon dia biar surprise. Tapi, begitu gue sampai di rumahnya ternyata dia enggak ada di rumah.Tahu enggak? Ternyata dia ke Jakarta buat ketemu tantenya.Yang lebih parah lagi, gue enggak punya uang buat balik lagi ke Jakarta. Akhirnya, gue numpang di rumah saudara gue di Bandung. Sedih banget deh pokoknya,”kenang Tio.


Api Cinta Membara

Meski penuh dengan kepedihan dan kesengsaraan, PJJ sebenarnya bisa jadi ajang kita buat latihan bersabar dan teguh kukuh memegang komitmen yang telah dibuat. Makanya, sebenarnya kepedihan yang kamu rasakan itu adalah sebagai bumbu dari percintaan yang menggairahkan.
Seperti pengakuan dari Anggie, selama pacaran jarak jauh, dia enggak pernah merasa bosan
sama pacarnya karena selalu merasa ada yang ditunggu. ”Rasanya itu jadi asyik, menanti seseorang yang kita yakin bahwa kita akan bersama dia,”ujar Anggie. Kalau sudah begitu, saat ketemu pacar adalah masa-masa yang sangatspesialbanget.Merekajadi tambah mesra dan enggak ada waktu buat marahan dan ngambek yang enggak jelas layaknya pasangan ”normal”lainnya.

Selain semangat pacaran yang selalu menggebu-gebu, PJJ juga bikin kita enggak ribet sama urusan teknis pacaran, kayak minta izin dulu sama pacar sebelum pergi jalan-jalan atau kalau mau pulang malam sama teman-teman. Setiap hari kamu bisa jalan-jalan sama teman kamu layaknya seorang jomblo.

”Pokoknya, bebas lah gue mau nongkrong seharian sama teman-teman gue, enggak ada yang bawel,”kata Tio . Keasyikan lain, kamu juga enggak perlu manyunnungguin pacar kamu yang lagi olahraga atau lagi belanja. Pokoknya semuanya bebas,sebebas merpati yang lagi jomblo. Kalaupun berantem,pasangan PJJ juga enggak perlu banyak menghabiskan waktu buat nangis karena enggak saling ketemuan dan enggak perlu melihat ekspresi wajah pacar yang asem dan enggak enak dilihat.

Yang enggak kalah penting ialah kamu bisa konsentrasi ke sekolah buat dapat nilai bagus karena enggak ada lagi kegiatan jalan-jalan sama pacar yang ngabisinwaktu belajar kamu. Jadi, enggak perlu freak out dulu dengan yang namanya pacaran jarak jauh. Sebab, di balik kendala ada kesempatan.Di balik kepedihan pasti ada kenikmatan. Kalau kamu jago menyiasatinya, PJJ bisa jadi tantangan yang menarik banget.

Tips Awet PJJ

KALAU mau bikin kue yang enak harus sesuai resepnya. Begitu juga kalau mau PJJ enak dan awet,harus paham dan patuh sama aturan, strategi, dan trik yang berlaku. Seperti apa peraturannya, tinggal baca aja yang di bawah ini.

1. Komitmen kuat Kalau kamu mau PJJ, komitmen tentang arti hubungan antara kamu dan pacar harus kuat banget. Harus ada satu kata tentang komitmen tersebut, apakah pacaran kamu buat jalan doang atau mau lebih serius lagi. Komitmen dalam pacaran ibarat sebuah tujuan yang bikin kita semangat buat menjalani PJJ yang berat ini.

2. Percaya dan sabar
Ini amunisi yang penting banget buat pasangan PJJ. Kalau kamu punya sifat yang gampang ngambek dan cemburuan abis, PJJ bakal membuat kamu nangis darah terus karena tertekan sama perasaan cemburu yang enggak jelas. Makanya, supaya kamu punya rasa percaya dan
sabar yang tinggi sama pacar, curhatin deh sama pasangan kamu segala unek-unek di hati. Memang sih, mungkin nantinya ”tensi” hubungan kamu sama dia bakal naik, tapi setelah itu kalian akan lebih memahami keinginan pasangan masing- masing.

3. Bikin peraturan
Supaya enggak ada kesalahpahaman, bikin peraturan dasar tentang hubungan kamu. Misalnya, harus telepon atau chattingberapa kali seminggu, kapan waktu harus ketemu, boleh enggak pergi ke acara undangan dengan teman yang lawan jenis, atau gimana kalau salah satu dari kalian enggak mematuhi peraturan tersebut.

4. Bikin kejutan
Yang namanya jauh dari pasangan, rasa hampa pasti sering muncul. Makanya, supaya rasa hampa itu berubah jadi rasa yang nge-swing banget, kasih pacar kamu kejutan-kejutan kecil kayak kirim surat cinta layaknya kamu lagi pedekate lagi sama dia. Atau, kirim foto kamu yang super duper beda banget sama keseharian dan kepribadian kamu. Dia pasti bakal penasaran terus deh sama kamu.

5. Awas godaan
Namanya juga berjauhan secara fisik, godaan orang ketiga yang pastinya hadir secara fisik bisa jadi bencana di antara kamu dan pacar. Kalau udah begini, ingat lagi komitmen yang sudah kamu sepakati sama pacar. Lagi pula kalau kamu tergoda orang ketiga, belum tentu kamu benar-benar suka sama dia. Bisa jadi kamu cuma butuh ”fisik”-nya aja daripada ”hati”-nya.

1 comment:

R.e.t.h said...

Pacaran Jarak Jaoh emang susah en bikin cape :(