Sunday 4 February 2007

Karier: Kerja ato Master??

Bagi gua kerja ataupun Master ngga terlalu beda jauh
Klo di kerja, kita investasi waktu kita utk cari pengalaman
Klo master, kita investasi waktu kita di otak en selembar ijazah..
Not so much different in how much you get in that time.

But I wonder about Indonesian career system..
Orang yg berpengalaman kalah dari soal gaji en posisi
Dibanding orang yang studi lanjut..
Pernah denger kan, lulusan s2 gaji fresh graduate diatas 5 jt?
Sedangkan org yg dah kerja tahunan gajinya konstan..

Paling naek dikit2 nyesuaiin ama inflasi Indo..
Bahkan biasanya kenaekan gaji ngga sebanding ma kenaekan inflasi
So, I wonder...How can I live my life like this??
Gua ngga mau idup biasa2 aja..cuma untuk bertahan dari hari kehari
Kagak ada pemasukan tambahan, nabung pun tidak bisa..
Kapan gua bisa berkeluarganya??
Kapan beli rumahnya?? Kapan bisa kirim ortu jalan2?
Kapan punya mobil, kebutuhan tersier gua terpenuhi??
When will that time??

God listened to me..
He know the way of my thinking..
That's why also, I said I am ambitious man
I want to be extraordinary person..
Bukan org biasa2 aja..

But, I know..Everybody has its own decision
Has its own way of thinking
Has its own desire..

Maybe some of you like a steady life
Maybe some of you like challange
Maybe some of you like gambling
But I like to move on

Papa gua dah melakukan yg terbaik
Dia uda membawa banyak kebahagiaan to our family
Dia uda bisa ngangkat keluarga ini dari ngga punya apa2
sampe kayak sekarang..He is my great father..
Dia uda nunjukin klo dia lbh baik dari generasi sebelumnya

So, sebagai generasi dibawah Papa
Gua jg pengen bawa idup gua lbh maju lagi
Bukan berarti gua ngga puas ama Papa
Ga, sama sekali tidak..

Btw, Papa ngga akan bisa selamanya kerja,
Suatu saat gua yg akan gantiin posisinya dia
Suplai buat keluarga gua sekarang
En my own family (in the future)

That's why..I thinking..
I have to be rich..and I want to be rich..

And in my point of views,
Kalo gua sekarang kerja bukan master,
Gaji pertama paling sekitar 3 juta
(uda terbukti dari pengalaman temen2 yg laen)
Biaya idup sendirian sekitar 1.5 juta
Bisa nabung 1.5 juta sebulan (18 juta/taun)
Do you think it's enough??

I don't think so..
Itu jg bagus klo gaji pertama lgsg dapet 3 juta..
Biasanya malah di bawah itu..

Tapi dengan gua s2,
Gua liat jenjang karier gua lbh terbuka,
Tentunya gaji jg bakalan lbh gede lah,
Klo ngga ngapain gua hambur2in duit buat s2..
Meski gua ngga tau,ntar gua bakalan terdampar dimana
Gaji berapa, tapi gua optimis, dengan langkah gua kemari
Cita2 gua mendekati kenyataan..

Plus Ruginya s2

Pertama, jelas, otak dipaksa kerja lbh keras
Kedua, biaya idup ngga murah, sekali lagi nyusahin ortu deh
Ketiga, butuh banyak luck baru bisa kayak gini..
(God has provided me well)

Btw, untungnya:
begitu terima ijazah..
Gua bisa ngelamar kerja ke perusahaan2 multicompany..
Semacam Shell, BP, DuPont, BASF
Pokonya perusahaan2 minyak ato Chemical deh..
Gaji standar eropa sih sekitar 2000€ utk engineer fresh graduate
25 juta indo (lumayan kan???)

Gua bakalan salut klo ada org yg bisa naek karier dari gaji 3 juta
menjadi 25 juta dalam 2 taun..
Dengan gaji segitu, gua rasa modal awal yg dikeluarin utk ke jerman
Bakalan balik cm masalah waktu doank..
Tapi again, itu klo jalan gua lancar,
Begitu lulus lgsg dapet kerja di perusahaan bagus..

But, I am optimistic person,
Want to look everything from the bright side
Blon pernah disentil Tuhan, karena gua yakin
Dia yg akan mencukupkan,
Dia yg akan buat usaha gua berhasil..

I want to be rich and happy...

No comments: