Friday 7 March 2008

Proses Penciptaan Dunia


Kalau kmu berpikir, mengapa aku ada di sini? Kenapa ada yg namanya mata, telinga, hidung, tangan, kaki, badan, dsb? Kenapa bentuk manusia seperti ini, bukan misalnya kayak Xmen, kan keren?? Dan yg terlebih utama, kenapa manusia exist?? Kita lihat awal mulanya proses penciptaan yuk. Bible says: In the beginning, God created the heavens and the earth.

Dikatakan 'in the beginning' karena perlu kita ketahui saat itu definisi waktu belum ditetapkan Tuhan yang menjadikan segalanya ini, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, Dia telah ada sebelum dunia dijadikan, karena Dialah Sang Pencipta. Dia omnipotent God.

Bumi masih belum berbentuk dan kosong: gelap gulita menutupi samudra raya, dan Roh Allah melayang2 di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah, 'Jadilah terang, lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkanNya lah terang dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Disini lah waktu mulai terdefinisi, ada istilah hari. It tells us, bahwa hari itu terdiri dari pagi, siang, sore, dan malam. begitu malam berganti pagi, itulah hari berikutnya.

Berfirmanlah Allah, 'Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.' Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya, Dan jadilah demikian, Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.

Berfirmanlah Allah, 'Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpl pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.' Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan ait itu dinamaiNya laut. Allah melihat bahwa smuanya itu baik. Berfirmanlah Allah, 'Hendaklah tanah menumbuhkan tunas2 muda, tumbuh2an yang berbiji, segala jenis pohon buah2an yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh2an di bumi', Dan jadilah demikian. Tanah itu menumbuhkan tunas2 muda, segala jenis tumbuh2an yang berbiji dan segala jenis pohon2an yang menghasilkan buah yang berbji. Allah melihat bahwa smuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.

Berfirmanlah Allah, 'Jadilah benda2 penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda2 penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa2 yang tetap dan hari2 dan tahun2, dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda2 itu menerangi bumi.' Dan jadilah demikian. maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil utk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang2. Allah menaruh semuanya di cakrawala utk menerangi bumi, dan untuk menguasai siang dan malam, dan utk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa smuanya baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Berfirmanlah Allah, 'Hendaknya dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala.' Maka Allah menciptakan binatang2 laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa smuanya itu baik. Lalu Allah memberkati semuanya itu, firmanNya, 'Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung2 di bumi bertambah banyak. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kelima.

Berfirmanlah Allah, 'Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar. Dan jadilah demikian. Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa smuanya itu baik. Berfirmanlah Allah, 'Baiklah Kita menjadikan menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan2 di laut dan burung2 di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia, laki2 dan perempuan, diciptakanNya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka, 'Beranakcuculah dan bertambah banyak, penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan2 di laut dan burung2 di udara dan atas segala binatang yg merayap di bumi.' Berfirmanlah Allah, 'Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh2an yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon2an yang buahnya berbiji, itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh2an hijau menjadi makanannya. Dan jadilah demikian. maka Allah melihat segala yang dijadikannya itu sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuatNya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuatNya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah ia berhenti dari segala pekerjaa penciptaan yang telah dibuatNya itu. Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan.

No comments: