Wednesday 12 March 2008

Tambang Minyak

#1
Harga minyak skrg telah mencapai 108$ per barrel. Manusia berusaha utk mencari dan menambangnya meski letaknya puluhan ribu meter jauh di dasar bumi. Mereka bekerja di tengah2 lingkungan terburuk sekalipun, minus 40 derajat Celcius atau diatas 45 derajat Celcius, hanya demi memperoleh minyak. Mereka menginstal peralatan beratnya, perpipaannya, jg melakukan research dgn biaya yg sangat besar hanya utk mencari ladang2 minyak baru di bumi ini.

Mengapa mereka rela melakukan itu, rela mengorbankan uang demikian besarnya, rela bekerja di lingkungan yg demikian harsh?? Alesannya hanya satu: Karena minyak sangat berharga.

#2
Minyak yang berharga itu, tidak akan dengan sendirinya mengalir naik ke permukaan dan ditemukan oleh manusia. Minyak tersebut butuh suatu tenaga yang memompanya naik ke atas, dengan daya yg sangat besar. Tanpa itu, benda yang seharusnya berharga pun selamanya akan terkubur di dalam tanah dan sia2. Dan minyak yang letaknya jauh dari pipa utama yg memompanya naik keatas, selamanya tidak akan pernah naik2. Perhatikan saat kamu mengosongkan bak mandimu, kmu membuka lubang air di bagian bawah, tapi tetap ada beberapa air yg masih menggenang di dasar bakmu karena mereka menolak utk masuk ke dalam lubang itu.



Apa yang kamu simpulkan dari peristiwa di atas??

#1
Penambang minyak itu Allah. Dia ingin mencari minyak. Minyak itu adalah kita, tapi karena ada jarak yang memisahkan (puluhan ribu meter) antara Dia dan kita, yaitu dosa. Dan karena Allah itu kudus, Dia tidak dapat tahan terhadap dosa sekecil apapun. Tapi karena begitu besar kasihNya akan dunia ini, Ia rela mengaruniakan anakNya yg tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yups, Dia rela mengeluarkan smua uangnya (Anak tunggalNya), memasang pipa2nya menjadi saluran buat minyak naik dan ditemukan (Yesus turun ke dalam dunia utk membawamu naik, berdamai dengan Bapa di surga), bekerja di lingkungan yg buruk (Raja/Tuhan lahir di palungan, menderita, dihina, dicemooh, dicaci, bahkan mati di kayu salib, hukuman paling hina). Kita lihat disini bagaimana usahanya Allah mencari anak2Nya, yg sangat berharga di mataNya. Bukan kita yang terlebih dahulu mencari Dia, tapi Dia yang lebih dahulu mencari kita. Bahkan ketika masih berdosa, Dia telah menunjukkan kasihNya.

Romans 5:8
Akan tetapi, Allah menunjukkan kasihNya kepada kita dalam hal ini: Ketika kita masih berdosa, Kristus telah mati untuk kita. Lebih2, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darahNya, kita pasti akan diselamatkan melalui Dia dari murka Allah. Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah melalui kematian AnakNya, lebih2 kita, yang skrg telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidupNya! Bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah melalui Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab melalui Dia kita sekarang telah menerima perdamaian itu
.

#2
Minyak yg berharga itu kita. Kita akan menjadi berharga kalau kita ditemukan. Kita tidak dapat naik ke surga dengan seluruh usaha kita. Karena semuanya itu sia2. Kamu bisa hidup saleh, tidak membunuh, mencuri, berbohong, berzinah, tapi tahukan kmu akan peribahasa, karena nila setitik rusak susu sebelanga.

Perbuatan baikmu tidak akan ditimbang, mana yg akan lbh berat. Kalau masih banyak poin plus mu, kmu masuk surga, atau sebaliknya. Atau disucikan dahulu dalam api penyucian dimana smuanya tergantung berapa banyak dosamu, berapa banyak doa2 yg dikirimkan oleh orang2 yg masih hidup utk rohmu, atau berapa banyak persembahan yg mereka berikan ke gereja atas namamu. Apa kmu pikir Tuhan bisa disogok?? Apa kamu pikir Tuhan butuh uangmu??
Bukankah Dia pemilik alam semesta?? Tidak tahukah kmu bahwa Tuhan itu terang, dan dalam Dia tidak ada kegelapan.

1 John 1:5-9
Inilah berita yang telah kami dengar dari Dia dan kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. Jika kita katakan bahwa kita mempunyai persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan tidak melakukan kebenaran. Tetapi jika kita hidup di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dangan yang lain, dan darah Yesus AnakNya itu, menyucikan kita dari segala dosa. Jika kita berkata bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ía setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Kita diselamatkan bukan karena perbuatan baik, tapi karena iman akan Yesus Kristus yg telah mati menebus dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Kita ini orang berdosa, selamanya jg pendosa, jangan menipu dirimu bilang kmu orang suci, orang saleh. Kita layak mendapatkan hukuman murka Allah, bukan anugerahNya. Tapi itulah keadilannya Tuhan, Dia tahu manusia itu perjuangannya berat. Banyak masalah hidup, banyak cobaan, banyak dosa yg menggodainya. Dia pun turut merasakannya. Dia (Allah) turun ke dunia menjadi sama seperti manusia (Jesus). Jesus itu Tuhan dalam tubuh manusia, purely tubuh manusia. Dia jg merasakan lapar, haus, sakit, sedih, marah (P.S: in your anger, do not sin), dia jg dicobai oleh iblis, oleh orang farisi, dia juga mengalami penolakan, penghinaan, cemooh. Dia tahu beban hidupmu.

Tapi begitu engkau menerima Yesus dan mengakui kalau Dia Tuhan, dan melalui kematian serta kebangkitanNya, kmu diselamatkan. Dia tidak hanya menyambutmu, tidak hanya menghapus amarahNya akan dirimu, tapi Dia jg mengaruniakan hidup kekal kepadamu. Double gain, huh??

Inginkah kamu mengalaminya?

Kita menjadi berharga kalau kita mendekatkan diri sama saluran pipa yg membawa kita naik dari barang terhilang menjadi barang berharga. Tapi itu bukan hanya atas usaha si pipa saja. Tuhan telah ada, bahkan telah mati sebelum kita percaya. Tapi pipa itu akan menjadi sia2 jika minyaknya tidak ada usaha mendekat kepadanya. Kita perlu jg berusaha utk mencari Tuhan. Itu yg dinamakan iman dan perbuatan. Baca juga artikel aku ttg iman tanpa perbuatan adalah mati. Percayalah dan bertobatlah, undanglah Dia menjadi Tuhan dan Juruselamatmu. Tuhan telah menunjukkan anugerahNya, dan kmu pun perlu berusaha memperolehnya.

No comments: