Thursday 13 March 2008

Jangan Menghakimi

It always amazes me how beautiful cactus flowers can be.


Pernahkah mengalami ketidakadilan? Pernahkah dituduh oleh orang yg kmu sayangi? Pernahkah tidak dipercaya oleh sahabatmu? Pernahkah dinilai tidak sepantasnya? Pernahkah dihakimi oleh orang2 sekitarmu? Pernahkah kamu merasakan butuh seseorang utk membela perkaramu, karena tidak ada orang yang mempercayaimu meskipun engkau benar?

Manusia pada dasarnya tidak ingin dituduh, dihakimi, dinilai tidak sepantasnya. Manusia ingin dipercayai, manusia ingin ada seseorang yg mendukungnya. Manusia tidak ingin dicurigai.

Berikut ada beberapa ajaran tuhan ttg menghakimi, agar kita masing2 berjaga2 jangan sampai kita mengambil jatahnya tuhan utk menghakimi.
Matthew 7:1-2
Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai utk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai utk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

Luke 6:37
Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Janganlah kamu suka mempersalahkan, maka kamu pun tidak akan dipersalahkan, ampunilah dan kamu akan diampuni.

John 5:30
Aku tidak dapat berbuat apapun dari diriKu sendiri, Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakimanKu adil, sebab Aku tidak menuruti kehendakKu sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

John 7:24
Janganlah menghakimi menurut apa yang tampak, tetapi hakimilah dengan adil.

Romans 2:1
Karena itu, hai manusia, siapa pun engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak mempunyai dasar utk membela diri. Sebab dengan menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal2 yang sama.

Romans 2:16
Hal itu akan tampak pada hari bilamana Allah melalui Kristus Yesus, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, sesuai dengan Injil yang kuberitakan.

Romans 14:10, 13
Tetapi engkau, mengapa engkau menghakimi saudara seimanmu? Atau mengapa engkau menghina saudara seimanmu? Sebab kita semua harus menghadap tahta pengadilan Allah.
Karena itu, janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara seiman kita jatuh atau tersandung.

1 Corinthians 4:3
Bagiku tidak begitu penting entahkah aku dihakimi oleh kamu atau oleh suatu pengadilan manusia. Malahan diriku sendiri pun tidak kuhakimi. Sebab memang aku tidak sadar akan apa pun ttg diriku, tetapi bukan karena itulah aku dibenarkan, melainkan Tuhanlah yang menghakimi aku. Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang, Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Kelak tiap2 orang akan menerima pujian dari Allah.

1 Corinthians 11:31
Kalau kita menguji diri kita sendiri, hukuman tidak menimpa kita.

James 4:11-12
Saudara2ku, janganlah kamu saling memfitnah! Siapa yang memfitnah saudara seimannya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya, dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah pelaku hukum. Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?

James 5:9
Saudara2, janganlah kamu bersungut2 dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.

John 12:47-48
Jikalau seseorang mendengar perkataanKu, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menghakiminya, sebab Aku datang bukan utk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. Siapa saja yang menolak Aku, dan tidak menerima perkataanKu, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah kukatakan, itulah yang akan menghakiminya pada akhir zaman.

No comments: