Monday 8 March 2010

One million dollars question to answer

Kenapa ya di jaman yang serba crowded ini masih banyak orang yang merasa kesepian?

Keluhan mereka:

“Ga ada yang peduli gua”, “Ga ada yang sayang gua”, “Ada gua, ga ada gua… sama aja” “Ga ada yang mau jadi temen gua”, “Gua kesepian, ga ada kegiatan”, “Idup gua boring”, dll.

Kehidupan mereka:

Pada waktu orang lain sedang enak-enaknya tidur, jam 1 pagi dengan pakaian glamor (bukan piyama sebagaimana seharusnya) ditambah sedikit seprotan dari parfum paling wangi (bukan lagi wangi kasur dan bantal) mereka pergi dari rumah masing-masing ke tempat yang lumayan jauh, bayar uang masuk beberapa puluh ribu rupiah kemudian bergoyang deh mengikuti irama musik sambil menunggu datangnya pagi. Goyang-goyang ga jelas, sama sapa aja yang penting orang. Kalo ngga pinter goyang, ya… disana duduk-duduk doank sambil sedikit bosan ngeliatin cowo-cowo yang mulai berubah dari manusia menjadi binatang dengan tarian seksinya berusaha godain cewe-cewe, trus ada juga cowo yang sukanya tebar pesona ke sana sini cari cewe yang bisa diajak tidur, ditambah ada yang uda agak tipsy dengan lidahnya menjalar kemana-mana minta disetrika, belon lagi ada cewe-cewe cantik nan imut malah obral tubuh sana sini (beli baju di toko aja musti bayar, ini cuma gara-gara ngerasa ada yang mau nemenin ngobrol langsung deh obral besar-besaran, selonjoran di ranjang). Dunia ini emang uda gila, koq bisa-bisanya uda disuruh bayar tiket masuk, harga minumannya selangit, ditambah ganggu waktu tidur tapi tetep aja ada orang yang rela keluar rumah malem-malem cari temen biar tau-tau pagi aja. Alesannya: mereka tuh merasa paling takut kalo gelapnya malam uda datang, soalnya banyak pikiran-pikiran buruk mulai berdatangan, rasa sepi, rasa bersalah, rasa kesepian juga ga ketinggalan, ikutan datang berkunjung. It’s true, my friends.

Itu untuk orang yang cukup berduit, yang bisa bayar untuk masuk tempat dugem, berparty-party ria. Nah, untuk orang yang dompetnya pas-pasan ada cara laen untuk ngatasi kesepiannya. Misalnya: anak kost… malem-malem keluar cari makan bareng anak-anak yang laen padahal benernya sih ga laper soalnya tadi uda makan, cuma supaya rame… berbondong-bondonglah kayak semut cari gula. Ga percaya? Coba aja sendiri… kalo ada yang ngajakin makan tengah malem, coba aja ditolak. Paling-paling dianya masuk kamar lagi, selimutan, ato untung-untung kita malah ditraktir makan soalnya dia sebenernya bukan cari makan, tapi cari temen ngobrol… kesepian lagi deh ujung-ujungnya.

Nah, itu tadi kan untuk anak kost, kalo anak sekolahan dengan uang jajan seadanya gimana? Ya gampang, beli aja pulsa 10 ribuan (kalo bisa, cari yang ada gratisan SMS juga telponan irit) trus ngapain? Mulailah mereka melakukan serangan gerilya, taro umpan dimana-mana (maksudnya: kirim SMS model gini “Hi, boleh kenalan ga?” “Hi, lagi apa?”) kirim ke sembarang nomor ato kalo rada nekat dikit… langsung telpon, yang intinya ngajak kenalan. Ntar kalo ada yang kemakan umpan tersebut, mulai deh penjajakan lebih lanjut. Biasanya yang kemakan beginian: ya..orang-orang kesepian juga, orang-orang yang butuh temen. Kasian kan dunia ini???

Ada lagi yang senengnya surfing internet seharian, dari buka mata sampe tutup mata duduk diam, tinggal tenang di depan komputer. Pokoknya setiap ada kesempatan kosong langsung deh update berita. Twitter, FB, Friendster, pokoknya semua jejaring sosial ditambah pula dengan YM ato Live Messenger ga ada yang terlewat. Ngapain? Buat ID sebanyak-banyaknya, taro foto yang beda-beda (kadang jadi cowo kadang jadi cewe, kadang jadi polisi kadang jadi anak band) lalu mulai deh invite orang sebanyak-banyaknya. Tujuannya? Ada temen ngobrol, buang-buang waktu, biar ga bosen sendirian. Ngaku aja..banyak toh yang model begini keliaran di dunia maya? Lagi-lagi kesepian.

Mau tau solusinya untuk ngatasin masalah loe? Sebelum kita bahas sampe kesana.. pernah ga nanya ke orang-orang jaman baheula yang sekarang uda agak-agak bau tanah, nanyanya begini: “Mbah, dulu waktu jaman mbah muda… TV kan belon ada, kalo adapun paling cuma TVRI (item putih pula), siaran radio juga ga ada musik yang bagus kayak sekarang (RRI pula), ditambah game online, internet, game console (kayak Wii, PS3, dll) semuanya masih belum diproduksi. Apa idup mbah ga ngebosenin? Apalagi kan jaman mbah dulu jarak antar tetangga yang satu ke yang lain pastinya lebih dari sepelempar batu (istilah baheula), tetangga jarang.. di kampung sepi, masih pada pake petromak.. cuma ditemenin ayam, sapi, kuda..kerjaannya maen gundu (kelereng) sama loncat tali”. But to my shock.. dari hasil survei membuktikan.. umumnya jawaban mereka: “Ga tuh, dulu mbah biasa kumpul sama si buyut.. bantu-bantu di dapur ato di sawah.. maen-maen sama kakak adek mbah, malah seneng tuh. Ga ngerasa sepi.”

Bingung kan? Di jaman yang katanya serba cultured, civilized, rumah bukan hanya berjejer dari kiri ke kanan malah berhadap-hadapan (liat aja depan rumah loe, ada rumah juga kan?) bertingkat pula, ga tanggung-tanggung… tingginya aja ampe mau cakar langit (liat aja gedung-gedung di kota-kota besar kalo ga percaya). Secara logika: semakin besar kota, semakin banyak orang toh ya? Tapi kenapa koq malah orang-orang kota besar yang paling merasa kesepian? Padahal disebelah ada orang, di lingkungan kuliah, sekolah, kerja, beribadah, dll semuanya penuh dengan orang, orang itu ada dimana-mana. Koq bisa ya masih ada orang yang merasa kesepian? Merasa ga ada temen? Merasa ga ada yang peduli, ga ada yang perhatian? Ini dunia yang penuh keramaian, bung. Ga wajar kalo kita merasa kesepian, bener ga?

Ato jangan-jangan kita semua orang aneh… Coba kita merenung sebentar sambil liat ke sekitar kita, liat ke dunia kita yang nyata ini… ada begitu banyak orang lalu lalang, begitu banyak orang di sekitar kita tapi koq kita malah milih nyari temen di dunia maya… yang ga jelas IDnya, orangnya beneran ada ato ga, dll… padahal tetangga sebelah pun kita ga kenal? Temen sekelas yang duduk di pojokan sono pun kita ga tau idupnya gimana… koq kita malah pengen tau kehidupan orang yang kita sama sekali ga pernah ketemu, yang adanya cuma di dunia maya? Bukankah itu tanda-tanda orang kesepian?

Nah, kalo uda pada ngerasa begitu dan akhirnya mulai bertanya-tanya: Lalu apa donk yang harus dilakuin biar ga sepi, suntuk, bosen? Uda usaha temenan sama si A, si B, si C, semuanya mengecewakan, semuanya cuma ada untuk seneng-seneng, begitu giliran dicurhatin masalah berat, langsung pada ngibrit. Benernya ada ga sih Sahabat sejati di dunia ini? Ada ga sih Orang yang setia, yang ga pernah ninggalin waktu rasa sepi datang melanda, waktu temen-temen yang laen pada lari menjauh? Ada ga sih Temen yang bisa diajak cerita apa aja bahkan non-stop hingga dunia kiamat, maranatha nanti?

Jawabannya: Ada, namanya Yesus. Dia ga pernah sekalipun berbohong, berdusta. Dia bisa jaga rahasia kita, Dia bisa menghibur kita. Dia bisa terima kita apa adanya. Dia tau segala kelemahan dan kekurangan kita. Dia bahkan mau membantu kita untuk menjalani idup ini, yang penuh dengan masalah dan penderitaan. Kita sadar bahwa dalam idup kita, kita semua orang yang ga lepas dari dosa, tapi Yesus tau itu dan Dia telah menyediakan jalan keluar buat kita 2000 taun yang lalu. Jalan keluar supaya kita bisa bebas dari gelapnya malam, dari rasa bersalah yang setiap malem datang menghantui kita. Dia telah membayar dan menanggung semua utang dosa dan hukuman kekal kita di kayu salib. Dia dengan rela menerima hukuman salib, mati untuk tanggung dosa kita dan Dia telah bangkit dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Dia hidup selamanya, Dia berkuasa di bumi dan di surga. Dan karena Dia hidup… kita pun dapat memiliki masa depan yang cerah, dapat memiliki hidup yang merdeka, lepas dari kesepian, lepas dari perasaan bersalah, lepas dari kuasa dosa dan kita bisa idup berkelimpahan… hidup kita dipenuhi sukacita dan damai sejahtera yang tidak pernah berhenti mengalir sampai kita melihat Yesus datang kembali dalam kemuliaanNya menjemput kita anak-anakNya. Praise Him!!

Gimana caranya supaya kita bisa kenalan sama Dia? Masuk ke dalam kamarmu, tutup pintu rapat-rapat dan mulailah berseru dalam doamu. “Yesus, kalau Engkau benar-benar Sahabat yang sejati. Ijinkan aku mengenalMu. Selama ini aku merasa sepi, aku membutuhkan teman yang setia. Aku butuh kasih, pengharapan. Aku butuh seseorang yang peduli dan memperhatikanku. Maukah Engkau menjadi Sahabatku?” My friends, Dia akan segera datang dan menjawab segala seru doamu. Dia adalah Allah Penciptamu, Dia peduli, Dia mengerti.

Alvin Su (AS)

No comments: